Yuk, Sambut Ramadan Di Tengah Pandemi Covid-19

Yuk, Sambut Ramadan Di Tengah Pandemi Covid-19

Halo Sob! Wah, tidak terasa hanya tinggal beberapa hari lagi kita akan kembali berjumpa dengan bulan Ramadan. Bagaimana persiapanmu menyambut bulan suci yang penuh ampunan tersebut?

Ramadan kali ini terasa lebih istimewa dibanding sebelum-sebelumnya. Mengapa? Tentu saja karena kita akan menjalankan ibadah puasa di tengah-tengah pandemi Covid-19.

Pada bulan Ramadan tahun ini, kita tidak bisa bebas melaksanakan salat tarawih, iktikaf, dan tadarus di masjid seperti biasanya. Apalagi melaksanakan buka puasa bersama, sahur on the road, dan beragam aktivitas lain yang mengharuskan kita untuk berkumpul dengan orang lain.

Social distancing dan physical distancing masih wajib kita lakukan demi memutus rantai penularan Covid-19. Mengikuti imbauan dari pemerintah sangat perlu dilakukan tidak hanya untuk melindungi diri, tetapi juga melindungi orang-orang yang kita sayangi.

Lantas, bagaimana persiapan kita menyambut Ramadan di tengah wabah? Minker akan membagi tipsnya, nih!

  1. Perkuat imun tubuh

Saat menjalani puasa, tubuh kita akan mudah lemas. Pastikan asupan gizi yang kita makan cukup. Mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan jika perlu menambahkan vitamin, agar imunitas tubuh tetap terjaga. Hindari banyak memakan gorengan. Biasanya, minyak yang terkandung di dalam gorengan bisa memicu terjadinya radang tenggorokan.

  1. Pastikan cairan tubuh terjaga

Jangan malas minum air ketika tidak berpuasa! Minumlah air minimal delapan gelas dalam sehari. Atur komposisi minum air, misalnya: dua gelas saat usai makan sahur, dua gelas saat berbuka, dua gelas saat mau tidur, dan dua gelas saat bangun tidur sebelum makan sahur.

  1. Istirahat yang cukup

Padatnya aktivitas ibadah di bulan Ramadan harus dibarengi dengan istirahat yang cukup. Covid-19 sangat mudah menyerang pada orang dengan imunitas rendah. Maka, beribadahlah dengan baik. Atur ritmenya! Tidur siang 10-30 menit akan dapat menyegarkan tubuh di saat berpuasa.

  1. Banyak berdoa

Perbanyak berdoa, karena bulan Ramadan termasuk dalam bulan-bulan baik untuk berdoa. Doakan semoga covid-19 yang sedang melanda negeri ini segera berakhir.

Semoga sedikit tips ini dapat bermanfaat untuk sobat semua. Ingat, tetap jaga jaraknya ya. Jangan berkumpul dan keluar rumah, kecuali jika keadaan mendesak! Selamat menyambut Ramadan, ya

NulisBareng/Asri Susila Ningrum