Untuk Apa Dibangun Colosseum?

Untuk Apa Dibangun Colosseum?

Arfan sangat suka jika telah menemukan hal yang baginya baru, baik yang dilihat melalui televisi, hasil jalan-jalan, bermain, maupun belajar. Toddler usia empat tahun itu sangat antusias dan akan banyak pertanyaan dari mulut mungilnya.

Seperti siang ini, ia barus saja melihat Colosseum Roma melalui sebuah halaman majalah wisata. Benar saja, sesi tanya jawab pun segera dimulai.

“Bunda, ini apa, sih?” tanya Arfan sembari menunjuk gambar Colosseum.

Gambar: Davi Pimentel, pexels.

“Oh, itu namanya Colosseum, Sayang,” jawabku

“Bukan! Ini tempat Thunderbell main sepeda!” protesnya.

Ia ingat salah satu adegan film anak-anak yang ditontonnya di televisi. Di sana ada tokoh kelinci bernama Thunderbell yang sedang bermain sirkus dengan menaiki sepeda. Namun, bukan di Colosseum, melainkan arena olah raga yang menyerupai bentuk Colosseum.

Teman-teman pernah mendengar Colosseum? Kalau belum, yuk kita belajar bersama!

Colosseum terletak di kota Roma, Italia. Nama Colosseum sendiri diambil dari nama sebuah patung setinggi 40 meter yang ada di area bangunan. Patung ini melambangkan sebagai Colossus, bentuk ulang dari Nero. Sedangkan Nero sendiri adalah perwakilan Dewa Matahari yang dikenal dengan nama Sol.


Selain itu, arena ini juga disebut sebagai Flavian Amphitheatre. Di Roma, Colosseum disebut juga le colisée dan el coliseo, sedangkan di Itali, Colosseum diberi nama il colosseo.


Bangunan yang mampu memuat 50.000 orang, dengan 80 pintu masuk ini, dibangun di masa pemerintahan Vespasian pada 72 Masehi, lalu diselesaikan oleh Titus–anaknya–pada 80 Masehi.


Teman-teman, ada yang tahu berapa meter tinggi Colosseum?


Colosseum memiliki tinggi 48 meter, panjang 188 meter, lebar 156 meter. Luas seluruh bangunan sekitar 2.5 hektar. Arenanya terbuat dari kayu berukuran 86 meter x 54 meter, dan tertutup oleh pasir. Bangunan ini berbentuk bulat yang gunanya untuk mencegah para pemain untuk kabur ke arah sudut, dan mencegah para penonton untuk berada lebih dekat dengan pertunjukan.


Colloseum memiliki tidak kurang dari 80 pintu masuk dimana 76 diantaranya dinomori dan memiliki penjualan tiket untuk masing-masing pintu. Dua dari pintu masuk tersebut digunakan oleh para gladiator, yang biasanya merupakan orang-orang buangan dan memiliki catatan kriminal.


Sebenarnya, apa sih fungsi Colosseum didirikan?


Colosseum di masa lalu adalah tempat penyelenggaraan pertunjukan spektakuler seperti pertarungan antara binatang buas, pertarungan antara tahanan dengan binatang, pertarungan dalam air dengan cara memenuhi arena dengan air, dan pertarungan antara gladiator atau tahanan perang. Selama acara pembukaan Colosseum yang berlangsung 100 hari, 9000 binatang buas mati. Dalam 100 tahun, diperkirakan 1000 orang mati diarena pertunjukan itu.


Wah, ternyata tujuan didirikan Colosseum dulu cukup horor ya. Minker aja sampai merinding ….


Colosseum digunakan sampai tahun 217. Dalam beberapa abad, bangunan ini mengalami kerusakan karena sambaran petir dan beberapa gempa bumi. Meski begitu, para turis banyak berdatangan untuk melihat bagian bangunan bersejarah ini. Colosseum menjadi saksi atas kisah masa lampau.


Sumber:
Anonim. 2020. Colosseum di Eropa. http://turez.id/blog/colosseum. Diakses 24 Mei 2020


Primadia, Adara. 2017. Sejarah Colosseum di Roma Italia. https://sejarahlengkap.com/bangunan/sejarah-colosseum/amp. Diakses 24 Mei 2020

Nubar-Nulis Bareng/Asri Susila Ningrum