UJIAN ONLINE

Ujian sekolah di masa pandemik ini berbeda dengan masa-masa sebelumnya. Kali ini ujian diselenggarakan secara online. Siswa tetap di rumah dengan seragam lengkapnya.

Orang tua, harus ikut berperan aktif. Yang utama adalah memastikan signal dan kuota mencukupi selama ujian. Tak lupa pasokan gizi harus tetap terpenuhi.

Sejak semalam, aku sudah menyiapkan laptop agar terisi daya penuh 100%. Cek kuota masih mencukupi, ada sekitar 25 GB masih tersedia. Telepon genggam juga harus dipastikan kemampuan baterainya.

Pagi hari setelah salat Subuh, aku mengingatkan agar anak segera mandi sementara aku menyiapkan sarapan. Selesai mandi bersiap memakai seragam dan dilanjutkan dengan mengulang pelajaran sedikit. Tak lama sarapan siap dan segera disantap.

Acara dilanjutkan dengan menyiapkan semua perlengkapan keperluan ujian. Alat tulis, laptop, telepon genggam, semua berjejer rapi di meja. Laptop pun segera dibuka dengan posisi layar siap masuk ke laman ujian.

Aku ikut bersiap di dekatnya. Selalu berjaga menanti perkembangan terbaru dari wali kelas di grup orang tua murid. Berharap tidak ada masalah selama ujian berlangsung.

Sesekali wali kelas memberi info di grup. Kami para wali murid dengan sigap merespon. Bemar-benar harus bersiap siaga di dekat anak. Sementara jantung sudah tak jelas lagi iramanya.

Semoga proses ujian berlangsung dengan lancar. Tak ada gangguan sedikit pun hingga ujian berakhir di hari Jumat nanti. Semoga pula, hasil yang didapatkan nanti adalah hasil yang terbaik.

Nubarnulisbareng/Ria Fauzie