Tips Semangat Ibadah Walau di Rumah

Tips Semangat Ibadah Walau di Rumah

Hai sahabat semuanya, apa kabarnya? Pandemi belum berakhir, sementara Ramadan sudah habis dua per tiga nya. Bagaimana dengan ibadah kita? Apakah masih begitu-begitu saja?

Puasa lancar sih,

salat wajib pasti dong,

tapi salat sunah …,

zikir pagi petang …,

hmm … Gimana ya?

Ya gitu deh, kadang lupa kalau sudah buka medsos kan keasyikan. Niatnya buka IG hanya 5 menit eh tahunya kok jadi 50 menit, eh nanggung jadi tambah lagi 10 menit. Scroll up dikit ada yang lagi viral tuh, penasaran, intip ah …

Eh, tak terasa sudah hampir 3 jam rebahan di tempat tidur.

Apa kabar tilawah? Sudah dapat berapa juz hari ini? Sudah menghafal berapa ayat? Sudah baca tafsirnya belum?

Ah, sudah jam segini, ini kan ada acara TV yang seru, tilawahnya ntar dulu deh, habis nonton TV saja.

HP lepas karena lowbat eh jadinya nongkrong depan TV. Itu lho ada acara tik tok-an, kan lucu-lucu, sayang kalau dilewatkan ntar kehilangan inspirasi buat tik tok-an bareng temen.

Ah, ternyata banyak banget ya godaan buat ibadah di rumah. Gimana dong biar semangat ibadah walau di rumah aja?

Aku mau share beberapa tips biar tetap semangat walaupun ibadah di rumah saja.

Check it out!

  1. Luruskan niat ibadah karena Allah.
  2. Buat target ibadah yang ingin dicapai selama di rumah. Target harian, pekanan, dan bulanan. Misalnya, salat Dhuha tiap hari, Qiyamul Lail tiap hari, salat sunah rawatib tiap selesai salat wajib, zikir pagi dan petang, dan lain-lain. Tuliskan target tersebut dan tempel di tempat yang sering terlihat. Jika sudah terpenuhi targetnya segera beri tanda ceklis.
  3. Kerjasama dengan keluarga di rumah, lebih asyik lagi kalau dikerjakan bareng-bareng dengan anggota keluarga. Bisa saling memotivasi dan mengingatkan. Apalagi untuk orang dewasa, akan menjadi contoh buat anak-anak karena mereka masih melihat figur kita.
  4. Gunakan gadget secukupnya saja. Jangan sia-siakan pahala apalagi sekarang sudah masuk ke pekan terakhir Ramadan, jangan sampai dia berlalu tapi amal kita masih minim.
  5. Stop TV dulu sementara atau nonton secukupnya. Jangan tergoda untuk nonton film yang kurang bermutu apalagi sinetron yang melenakan.
  6. Ciptakan kondisi rumah yang aman, nyaman, dan bersih. Libatkan semua anggota keluarga untuk mendesain rumah kita.
  7. Jika bisa ikut komunitas akan lebih baik lagi. Tahun ini kami ikut kegiatan “I’tikaf dan Karantina Alquran Online”, ternyata ini cukup efektif membuat kami semangat menambah hafalan. Atau bisa juga gabung dengan komunitas positif lainnya yang bisa memacu semangat ibadah kita.
  8. Konsisten dan komitmen. Misalnya kita punya target menghafal quran sehari 1 ayat, ya konsisten setiap anggota keluarga (kecuali bayi) menyetorkan hafalannya.

Insya Allah, jika keluarga sudah terkondisi dan ibadah-ibadah tersebut dikerjakan bersama-sama, maka api semangat tidak akan segera padam. Kuncinya komitmen dan konsisten!

rumahmediagrup/wina_elfayyadh