Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemi

Pandemi covid-19 sudah menyebar sejak 2 bulan yang lalu. Hingga hari ini, masyarakat Indonesia yang positif terjangkit covid-19 sudah lebih dari tiga belas ribu orang. Keberadaan virus korona tidak dapat diprediksi sehingga kita harus selalu sehat dan tetap menjaga daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh yang kuat tidak mudah terkena penyakit dan virus yang masuk ke dalam tubuh akan mati dengan sendirinya. Jangka waktu yang sangat panjang dan kapan perkiraan pandemi ini akan berakhir belum diketahui para ilmuwan membuat masyarakat semakin kuatir.

Untuk itu, setiap masyarakat dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari covid-19. Berikut beberapa tips yang dapat dijadikan panduan agar tetap sehat.

  1. Perbanyak makan buah dan sayuran. Buah dan sayur memiliki vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

  2. Cukup minum air putih. Air putih berfungsi untuk menyalurkan zat gizi makanan melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu, air putih yang cukup membuat otak lebih mudah berkonsentrasi dan badan terasa lebih fit. Sebaiknya minum air putih minimal dua liter per hari.

  3. Istirahat yang cukup. Tidur berfungsi untuk mengembalikan energi yang terkuras selama beraktivitas. Istirahat selama tujuh hingga delapan jam membuat tubuh lebih siap menghadapi hari yang baru.

  4. Olahraga. Olahraga sampai berkeringat atau minimal lima belas menit sehari cukup untuk membuat tubuh lebih fresh.

  5. Konsumsi rempah-rempah. Jahe, kunyit, temulawak dan sereh dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Bapak Jokowi beberapa waktu yang lalu membuat vlog yang isinya tentang tips beliau agar tetap kuat adalah meminum air rebusan rempah-rempah tersebut setiap hari. Setelah pandemi, beliau meminum sebanyak tiga kali sehari. Tentu ini adalah saran yang patut dicoba supaya terhindar dari covid-19.

Demikian tips untuk menjaga kesehatan menghadapi masa pandemi sekarang. Semoga bermanfaat.