TIME MANAGEMENT

Tantangan menulis masih berjalan walau ini adalah hari terakhir di bulan Mei. Sedikit tersendat karena bersamaan dengan datangnya orderan puding yang step nya benar-benar satu persatu, tahap demi tahap, lapis demi lapis.

Pengerjaannya dimulai dari tanggal 30 Mei malam. Tahap awal, setelah adonan dituang ke loyang selanjutnya didiamkan sampai padat sempurna. Tahu butuh waktu berapa lama? Sekitar 5-7 jam tergantung suhu ruang. Oleh karenanya saya memilih membuat malam untuk selanjutnya saya tinggal tidur.

Esok paginya mulai menyiapkan buah dan toping lainnya. Buah dipotong, keju diparut, coklat pasta, susu UHT, dan lain sebagainya. Gelas ukur butuh beberapa buah agar lebih cepat pengerjaannya. Perlu diketahui, walau bertahap lapis demi lapis tapi harus terus berurutan agar lapisan samping tidak menggembung ke lapisan yang masih kosong. Segera diisi yang kosong lalu dilanjutkan kembali lapisan berikutnya. Benar-benar rush hour kalau sudah memulai langkah awal.

Awal mula belajar membuat puding ini, selalu membuat pusing kepala. Jantung berdebar lebih kencang, keringat pun sudah seperti orang mandi. Namun seiring berjalannya waktu, saya sudah bisa mensiasati waktu. Time management harus dipraktekkan.

Jadi untuk membuat pesanan yang akan diambil tanggal 1 Juni 2021, saya harus memulai di tanggal 30 Mei 2021 malam (sebelum tidur biasanya jam Cinderella alias jam 12 malam). Lanjut pengerjaan di tanggal 31 Mei 2021. Lalu didiamkan lagi dalam lemari pendingin.

Pagi hari tanggal 1 Juni 2021, adonan baru dikeluarkan dari loyang. Langkah terakhir ada menghias bagian atasnya. Proses menghias sebaiknya mendekati waktu serah terima puding agar buahnya tetap segar. Walau sesungguhnya puding ini bisa bertahan hingga 3 hari di lemari pendingin.

Sekarang tidak perlu dag dig dug lagi kalau terima pesanan puding ini. Yang bikin jantungan justru ketika sudah dalam proses pengerjaan, pelanggan minta diundur harinya. Bersyukur pelanggan saya orang baik, bisa memaklumi kalau puding sudah mulai proses pengerjaannya sehingga tidak jadi diundur tanggalnya. Alhamdulillah, Allah Maha Baik dengan memberikan saya pelanggan yang baik.

Nubarnulisbareng/Ria Fauzie