TIADA HARI TANPA LAPTOP

Entah sejak kapan jari ini mengenal aktivitas menulis tak lagi sekedar sentuhan dengan pena dan menggerakkannya kesana kemari di atas kertas. Ya, kini aktivitas menulis dapat dilakukan hanya sekedar menekan tombol huruf huruf sesuai ejaan yang dibutuhkan. Tak tik tak tuk jadilah kata. Klak klik jadilah kalimat. Enter lagi enter terus jadilah puisi, jadilah karya tulis.

Oh iya kuingat pertama kalinya sering mengetik pake komputer yaitu dulu tahun 1993 1994 saat kuliah. Sudah lama juga ya. Tapi dulu masih sesekali lah mengerjakan tugas pakai komputer. Itu pun komputernya menyewa di tempat rental.

Lama waktu berlalu, seiring profesiku guru, banyak juga administrasi guru yang mengharuskan membuat laporan dalam bentuk print out. Tentu saja ini adalah produk mengetik dengan laptop.

Kini seiring masa pandemi covid 19 dua tahun lalu. Penggunaan laptop tidak hanya untuk mengetik. Tapi untuk segala macam aktivitas termasuk interaksi, komunikasi dan transaksi.

Jadilah kini kehidupan manusia terbentuk sehari harinya selalu bersentuhan dengan laptop alias melakukan aktivitas digital.

Kadang lelah. Kadang rindu menulis lagi. Rindu hening dari silau cahaya laptop. Rindu bergerak sepanjang hari tanpa terjebak harus bersentuh dengan laptop.

Entah kapan lagi kutemui hari hari tanpa laptop.

Hosting Unlimited Indonesia