TEMPAT SEMBUNYI RAHASIA

Dalam setiap jiwa tentu punya pemaknaan tersendiri atas jalan kehidupannya masing-masing. Ada yang mengambil makna dari bahagianya, ada juga yang mencoba berusaha menterjemahkan atas pengalaman sedihnya.

Semua memiliki warna cerita yang khas dan pasti tak kan sama dengan jiwa jiwa lainnya. Ada yang menyimpannya rapi, ada yang menyembunyikannya dan ada pula yang dengan suatu alasan lebih memilih terbuka untuk selalu bercerita kepada siapapun.

Terkadang, mungkin ada diantara kita yang dirinya sendiri entah mengapa, entah disadari atau tidak, entah disengaja atau terpaksa, merasa banyak sekali menyimpan banyak rahasia yang tak bisa diungkapkan kepada siapapun. Rahasia semakin tersembunyi agar tak terungkap ke permukaan. Bisa dengan berbagai alasan, misalnya karena takut dimarahi, takut dihukum atau takut diabaikan.

Apakah menyimpan rahasia itu baik dampaknya bagi perkembangan dan kesehatan jiwa? Tergantung seberapa besar rahasia tersimpan atau seberapa berat kualitas rahasia yang disimpan. Yang jelas hati adalah tempat terbatas yang pasti akan penat jika terlalu menyimpan banyak data memori akan sesuatu.

Jika sudah begini, muatan hati meluap meluber kemana mana membutuhkan penyaluran yang baik supaya tidak mengganggu jalannya sendi-sendi kehidupan yang lain. Jadilah banyak cerita tentang jiwa-jiwa sakit atau bermasalah karena tidak dapat mengelola isi hati dan pikiran.

Ada banyak cara menyimpan merapikan isi hati dan pikiran. Bisa dengan membincangkan kepada sahabat atau teman terpercaya. Namun bisa jadi hal ini mengganggu pertemanan jika terlalu banyak yang ingin diceritakan untuk membuang sampah emosi. Cara lainnya adalah dengan mengalihkan perhatian atau fokus dari keadaan sangat tidak mengerti menjadi berusaha mengerti dan lain sebagainya. Untuk cara ini perlu perjuangan luar biasa.

Diantara banyak cara, menulis adalah salah satu yang paling menarik. Seseorang yang sedih bisa menulis kapan saja, menulis sedikit atau banyak, tidak perlu teman bicara bahkan tidak perlu peduli didengarkan atau tidak. Menulis seperti membuang sesak ke langit luas . Sungguh suatu hal yang menakjubkan jika terus bisa menyalurkan emosi melalui menulis positif.

Jika bisa begini, setiap rahasia bisa sembunyi dengan tertib dan teratur. Terjaga kerahasiaannya. Menulis tak sekedar mengobati luka tapi juga menata keadaan hati harus bagaimana jika sedang bingung.

Menulis bisa menjadi tempat sembunyi rahasia dari sesak-sesak tak jelas. Dengan menulis seolah sudah mewakilkan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan. Mau seperti keadaannya maka spontan diceritakan dengan cara menulis.

Mari bersembunyi dan menyimpan rahasia dalam tulisan tulisan bermakna. Mungkin bisa menginspirasi atau sekedar menguatkan wawasan kita terhadap sesuatu hal

Yang pasti, menulis tentu bisa melegakan hati. Dengan hati yang lega bisa mengatur dan menyimpan banyak hal seunik apapun rahasia yang ingin disimpan. Yuk, menyembunyikan dan merapikan rahasia terutama rahasia kelam dan pahit dengan cara menulis, menulis dan menulis.

NubarNulisBareng/Lina Herlina