Tak Perlu Panik Hadapi Anak Demam 

Tak Perlu Panik Hadapi Anak Demam 

Sebagai ibu, sering mengalami kejadian anak demam. Awalnya heboh, seiring waktu akhirnya lebih tenang. 

Demam adalah respon alami tubuh ketika menghadapi penyakit. Demam itu efek, penyakitnya yang perlu dicari tahu. 

Biasanya saya menyimpan paracetamol untuk meredakan rasa sakit anak. Paracetamol bukan obat untuk penyakitnya, ya. Hanya mengurangi rasa tak nyaman karena panas. Kalau anak tak nyaman, maka akan kesulitan istirahat. Padahal sakit membutuhkan istirahat untuk penyembuhan.

Selain paracetamol, perbanyak asupan air. Beri minum anak sesering mungkin. Panas tubuh harus diimbangi air agar menjadi dingin. Selain air yang diminum, juga dikompreskan di lipatan badan. Namun, anak saya termasuk yang tidak suka kompres. 

Air campur madu lebih baik. Madu sebagai syifaul linnas (obat bagi manusia) insya Allah cocok untuk segala kondisi. Kalau di kalangan herbalis, mencampur madu ada tekniknya. Tidak memakai sendok logam, mengaduk searah gerakan thawaf, bahkan ada saran mengocok atas-bawah 100 kali. 

Kesulitan meminumkan air pada anak? Sering anak tidak mau minum air saat demam. Ketika badan lemah, anak memang hanya ingin tidur. Beri dia waktu untuk istirahat dulu, nyamankan dengan memijatnya. Setelah kondisi membaik, beri minum atau cairan apapun. Bisa sup hangat, jus buah atau teh manis.

Dulu, saya bingung mau melepas pakaian anak atau memberi selimut. Dokter menyarankan melonggarkan pakaian, bahkan melepasnya. Sekarang saya pakai intuisi dan menanyakan pada anak, dia kedinginan atau tidak. Lebih sering menyelimutinya dengan badan saya, kulit dengan kulit.

Ada bermacam saran teman herbalis tentang demam, menggunakan parutan bawang merah, air asam jawa atau cukup minyak kayu putih/telon, lalu dibalurkan ke tubuh anak. Semua kembali pada kenyamanan masing-masing anak dan orang tua. Ada yang tidak suka bau bawang, asam dan minyak kayu putih.

Selanjutnya, tetap mencari penyebab sakit. Lihat badan anak, cari atau tanyakan bagian yang sakit. Lalu konsultasikan ke tenaga kesehatan atau terapis herbal untuk pengobatan.

Semoga bermanfaat. Tenang dan cari solusinya.

Citraamatullah

#kesehatan

#anak

#demam

#janganpanik