Solusi itu IS

Hikmah isra’ mi’raj

Sepi.
Masjid yang biasanya ramai tidak ada kegiatan. Padahal hari ini 27 Rajab, yang biasa diperingati sebagai hari isra’ mi’raj.

Peristiwa mendunia yang kita alami dan perjalanan Rasul ditanggal ini menyampaikan satu hal, penting bagi kita untuk menguatkan komitmen beragama.

Kenapa komitmen beragama?

Sebab agamalah yang mampu mengendalikan kekacauan, keresahan pun kecenderungan hedonis yang dimiliki manusia.

Kembali pada tuntunanNya. Hidup dalam kesederhanaan dan pengendalian hawa nafsu. Tidak membiarkan keserakahan menguasai hati dan pikiran. Tetap dalam rel alaminya hidup manusia. Saling menyayangi sesama dan menghargai makhluk hidup lainnya.

Perjalanan yang dilakukan Rasullullah, memperlihatkan banyak hal sebagai hikmah. Catatan yang harus selalu kita ingat, apapun masalahnya pasti ada solusi, seperti juga bahwa setiap penyakit ada obatnya. Hal yang harus kita lakukan tentu tetap berikhtiar. Mengerahkan segala upaya untuk hasil terbaik. Pun bersabar sebab semua ada waktunya. Kembalikan pada Allah, Ia yang mendatangkan dan Ia yang akan membawa pergi. Apapun itu

Membicarakan hal itu mudah, tapi tak begitu saat melaksanakannya.

Hmmm… setuju banget.
Tapi ada satu hal yang akan selalu menguatkankan kita dalam ikhtiar dan sabar.

K e y a k i n a n.

Selama kita memiliki keyakinan dan keteguhan atas Allah yang maha kuasa, selama kita terus berprasangka baik atas seluruh kehendakNya, selama itu pulalah seluruh solusi akan mendekat dengan pasti.

Laa haula walaa quwwata illa billah.

Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah.