Si Mungil Yang Manis

Oleh: Bunda Denok

Yuk kita main tebak-tebakan, masih semangat kan hari pertama puasa. Siap??

Buah apa yang tumbuh bergerombol. Ukurannya kecil, lonjong. Daging buah ini rasanya sangat manis. Dia tumbuh di pohon yang sejenis seperti pohon kelapa. Biasanya orang-orang muslim selalu menyiapkan buah ini untuk berbuka puasa dan sahur. Buah apa ya?

Benar sekali. Ini namanya buah kurma. Buah ini dihasilkan dari pohon keluarga Aracaceae dari genus Phoenix. Nama latin dari buah kurma adalah Dactyfera Phoenix. Diyakini berasal dari teluk Persia, karena dulu ditemukan di sekitar sungai Nil dan Efrat. Kemudian kurma dijadikan makanan pokok masyarakat Timur Tengah dan Afrika.

Apakah adik-adik pernah makan buah kurma?

Buah kurma ternyata banyak macam jenis lho. Macam jenis ini dibedakan karena ukuran, warna, dan rasa kurma. Ada yang lonjong ada juga yang sedikit bulat. Ada yang berwarna coklat gelap ada pula yang warnanya coklat terang. Rasanya pun juga begitu, ada yang manis legit ada pula yang tak terlalu manis.

Simak ya, ini macam-macam kurma:

  1. Kurma Ajwa
  2. Kurma Sekki
  3. Kurma Barhi
  4. Kurma Kholas
  5. Kurma Khidri
  6. Kurma Mactoomi
  7. Kurma Amir Haji
  8. Kurma Deglet Noor
  9. Kurma Mozafi
  10. Kurma Thoory

Wah, ternyata banyak ya macam-macam kurma. Tapi dari sekian macam kurma yang paling disukai Rasulullah Saw adalah kurma Ajwa. Sehingga orang-orang menyebutnya dengan nama kurma Rasul. Pohon kurma ini pun hanya bisa kita jumpai di Arab Saudi tepatnya di Madinah.

Nah, siapa dari kalian yang menyukai buah kurma. Ternyata buah kurma selain enak, manis, bikin kenyang, juga banyak manfaat untuk tubuh kita.

Di antara manfaat buah kurma antara lain,

  1. Bagus untuk perkembangan tulang dan otak.
  2. Mencegah gangguan pencernaan.
  3. Membuat gigi lebih kuat.
  4. Sebagai asupan makanan yang bergizi ketika demam dan cacar air.
  5. Mengingkatkan kadar hemoglobin dalam darah.
  6. Dapat membantu menambah berat badan.

Ternyata banyak sekali manfaat kurma. Pantas sekali kalau Rasulullah Saw sangat menyukai buah kurma. Apakah kalian juga menyukai buah kurma? Kalau kalian juga menyukai buah kurma berarti kita mendapat dua manfaat. Manfaat baik untuk kesehatan juga manfaat memperoleh pahala karena mengikuti sunah Rasulullah.

Buat kalian yang tidak begitu menyukai kurma. Bisa diolah dengan cara dijus, dibuat isian coklat, atau pun jus kurma yang dicampur susu. Hmmm dijamin rasanya pasti nikmat.

Ikuti terus tulisan Bunda Denok ya. Karena kalian bisa mendapatkan macam-macam informasi yang bermanfaat. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Malang, 24 April 2020

Daftar pustaka:

Asri, Waritsa. 2019. Manfaat Kurma Untuk Anak. Https://parenting.orami.co.id/magazine/manfaat-kurma-untuk-anak/ (diakses: 24 April 2020, 12.10)

Kurma