SETELAH RAMADHAN SELESAI

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokaatuh

Selamat Iedul Fitri 1442 H.

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عاَمٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ

“Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair.”

Artinya: “Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan.”

Ramadhan merupakan bulan istimewa bagi ummat islam karena dibulan ini Allah swt melipatgandakan pahala kebaikan, dibukakan pintu ampunan seluas-luasnya, dibukakan pintu-pintu kebaikan, terdapat malam yang lebih baik nilainya dari 1000 malam dan bulan diturunkannya Alqur’an.

Ramadhan juga termasuk bulan latihan bagi setiap umat muslim. Mulai dari latihan menahan untuk tidak makan dan minum secara berlebihan, latihan untuk disiplin waktu seperti membiasakan diri bangun ketika subuh, latihan menahan diri dari segala ucapan yang tidak baik seperti ghibah dan berbicara kasar, latihan untuk senantiasa menjaga diri dari perbuatan-perbuatan yang kurang baik, latihan untuk berbagi dengan sesama dan latihan untuk melakukan perbuatan-perbuatan mulia lainnya.

Sumber foto : Pinterest

Kini, Ramadhan telah berlalu. Semoga semangat untuk menebar kebaikan tidaklah padam meski bulan mulia telah usai.

Kini, Ramadhan telah selesai. Semoga semangat untuk terus melatih diri menjadi lebih baik dari waktu ke waktu tidaklah terhenti meski bulan mulia telah pergi.

Kini, Ramadhan telah berakhir maka permulaan sebelas bulan lainnya akan terus berdatangan. Dan seharusnya latihan-latihan yang kemarin kita laksanakan di bulan Ramadhan juga mampu kita laksanakan dibulan-bulan berikutnya.

Aamiin aamiin Yaa Rabbal’alamiin.

Nubarnulisbareng/Titin Siti Patimah