Sehat yang Bermanfaat

Sehat yang Bermanfaat

“Sehat itu harus membuat semakin taat.”

Sepenggal kalimat ini saya baca pada sebuah buku karya dokter Zaidul Akbar yang berjudul Jurus Sehat Rasulullah.

Sehat adalah mahkota. Apapun bisa kita lakukan saat kondisi sehat. Makan dan minum pun akan terasa nikmat kala badan sehat.

Namun banyak yang terlena dengan kondisi sehat. Lupa melakukan ibadah, terlena dengan pekerjaan yang mengakibatkan solat wajib tidak tepat waktu. Berdzikir setelah salat terburu-buru demi melanjutkan aktivitas.

Ketika Allah berikan alarm tubuh untuk beristirahat, barulah kita tersadar betapa berharganya kesehatan. Saya teringat penggalan hadis Rasul yang berbunyi; “…manfaatkanlah sehatmu sebelum datang sakitmu….”

Hadis ini mengingatkan kita untuk memanfaatkan masa sehat kita, untuk berbuat baik, bekerja dengan tekun, beribadah, dan membuat diri semakin dekat dengan sang Khalik.

Ketika wabah covid 19 menyebar, kita dihimbau untuk tetap di rumah saja. Ini salah satu upaya untuk memutus penyebarannya. Dan tentunya juga sebagai ikhtiar agar tubuh tetap sehat, terhindar dari paparan virus korona.

Maka, mari kita manfaatkan sehat kita sekarang ini untuk mematuhi himbauan pemerintah. PSBB, social distancing, stay at home, larangan mudik, adalah bentuk pencegahan bertambahnya korban yang terpapar covid 19.

Yuk, jadikan sehat kita lebih bermanfaat.

WCRumedia/yuyunkho