Samakah New Normal dengan Herd Imnunity?

New Normal adalah melakukan kegiatan keseharian kita dalam beraktifas seperti biasanya, normal, tetapi di situasi yang tidak normal, karena saat ini kita sedang Pandemi Covid 19. Bagaimana agar bisa beraktifitas dengan aman dalam keadaan yang rawan terhadap kesehatan, kematian menjadi salah satu akibatnya.

Karena banyak nyawa yang akan terancam Covid 19 ini, sehingga Menteri Pendidikan Nasional, mengadakan rapat berulang kali untuk menentukan kebijakan dalam pendidikan, terakhir hasil keputusan terkait pelaksanaan pembelajaran yang merupakan kesepakatan dari jajaran para menteri diantaranya, Menteri Pendidikan, Menteri Kesehatan, Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri.

Hanya 6 % dari seluruh wilayah di Indonesia yang bisa melaksanakan pembelajaran di sekolah, karena berada di Zona Hijau. Selebihnya untuk Zona Kuning, orange, merah, dilarang untuk mengadakan tatap muka di satuan pendidikan. Sehingga untuk mengadakan pembelajaran dirumah, itu yang ditegaskan oleh Pak Menteri Nadiem Makarim, belum menyebutnya Pembelajaran Dari Rumah (PDR).

Pada tulisan saya beberapa waktu yang lalu saya pernah menuliskan bahwa kita akan terus bersama dengan corona, sehingga kita harus mau berteman dengannya, mencari tau apa yang di sukai dan apa yang di benci, dengan begitu maka kita bisa melakukan “New Normal”.

Sekarang kembali ke judul tulisan saya “Samakah New Normal Dengan Herd Immunity” ? Ayo sama ga…?, dua bulan belakangan ini isu Corona yang akhirnya, juga merembet pada isu Herd Immunity, kalau bahasa vulgarnya adalah, yang kuat yang akan hidup yang tidak kuat akan berakhir pada kematian.

New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru, merupakan cara berikutnya dalam menghadapi pandemi Corona ini. Karena hidup harus terus berjalan, ekonomi harus terus bergerak, perut harus terus terisi. Sehingga New Normal harus mau di jalani.

Ketika kita beraktifitas tidak dengan rambu-rambu New Normal maka akhirnya yang ada Herd Immunity, yang kuat hidup yang lemah musnah. Yang taat, disiplin dan peduli dengan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan. Maka ia akan kuat, tetapi bagi mereka yang masa bodo, maka akan musnah bergulat dengan keganasan Corona.

Tidak lagi bisa kita berpatokan dengan yang akan selamat adalah anak muda, hei… Bagaimana bisa terhindar dari wabah ini kalau kalian muda tapi tubuh kalian tidak sehat/fit, antibody kalian tidak oke, kita lihat korban corona pun ada yang berusia muda. Ayolah saat ini kita yang akan menentukan diri kita sendiri bertahan atau musnah. Jangan pernah abai, lengah dan meremehkan. New Normal samakah dengan Herd Immunity. Jawabannya ada pada diri kita masing-masing. Wallahu a’lam bishawab.

Nubarnulisbareng/Nurfahmi

Sumber tulisan : dari berbagai sumber

Sumber Gambar : Cuplik dari whatapps