Sahur Pertama

Ada yang berbeda, di tahun 2020 khususnya bulan maret lalu sampai sekarang Indonesia mengalami wabah Covid-19. Bukan hanya disini melainkan seluruh dunia juga mengalaminya. Puasa telah tiba menurut kalender hijriah (kalender islam) yaitu bulan Ramadhan, yang tepatnya April ini, tibalah saatnya muslim sedunia untuk menjalankan ibadah puasa yang bertepatan pada hari jumat, 24 April 2020. Sebelum menjalankan ibadah puasa disunahkan untuk makan sahur. Apa itu sahur.

Sahur sendiri adalah Sahur (bahasa Arab: سحور ‎), juga disebut Sehur, Sehri, Sahari dan Suhoor dalam bahasa lain, adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan. Hukumnya adalah sunah.

Sahur pertama ada yang berbeda di tahun 2020 ini, tak adanya kegiatan pukul bedug untuk sahur pertama sampai berahirnya Covid-19 ini. Selama ini masyarakat disekitar saya menjalankan tradisi pukul bedug keliling kampung yang merupakan cara untuk membangunkan sahur untuk warga pada bulan Ramadhan.

Gambar:

sahur

Lirik membangunkan sahur didaerah kami.

Sahur…sahur…sahur..dung dung dung (pentungan).
Bangun..bangun…dung..dung..dung (pentungan).
Atau sebaliknya pentungan (dung..dung..dung) baru sahur…sahur…bangun…bangun disertai dengan nada pentungan yang membentuk ritme dan melodi yang enak didengar ditelinga.

Sahur pertama dalam keadaan saat ini membuat kita lebih bersyukur atas segala kenikmatan yang Allah berikan. Kita semua masih diberikan kesempatan untuk sahur dan berpuasa. Dan ada yang kita makan disaat sahur dan berbuka. Semoga kita semua seluruh umat manusia diberikan kemudahan dan kelancaran. Aamiin.

#By HaniUu