Romantisnya Ibadah Di Rumah

Romantisnya Ibadah Di Rumah

Selama wabah Covid-19 melanda, adanya pembatasan interaksi sosial mengakibatkan ibadah di bulan Ramadan dilakukan di rumah saja. Mulai dari salat wajib, tarawih, tadarus, berbuka, sahur, semua dilakukan bersama keluarga tercinta.

Ibadah di rumah, bukan di masjid seperti Ramadan tahun-tahun sebelumnya, dapat terasa menyenangkan. Tidak melulu membosankan seperti yang dibayangkan. Malahan, saat beribadah di rumah kita bisa mempererat hubungan dengan pasangan, dan juga buah hati.


Mengapa bisa seperti itu? Begitu besarkah dampak positif ibadah di rumah dengan keharmonisan rumah tangga?


Mungkin secara tidak disadari, ada hal-hal yang diimpikan oleh keluarga mengenai ibadah di bulan Ramadan. Namun, tidak kunjung terwujud akibat kesibukan dan rutinitas. Contohnya: sudah lama sekali aku memimpikan bisa salat berjamaah bersama suami dan anak, terutama di saat bulan suci. Akan tetapi, suami tidak pernah mau mengimami salat di rumah karena ia selalu melaksanakannya di masjid.


Semenjak diberlakukan ibadah di rumah, terasa kebahagiaan menyelimuti hati, karena dapat melaksanakan salat tarawih bersama-sama. Satu di antara impian yang akhirnya dapat terwujud. Padahal, sebelumnya sangat sulit meminta suami untuk mengimami salat di rumah.


Ibadah di rumah mencipta keromantisan, ketika ayah mengajarkan tilawah pada ibu, mengenalkan huruf hijaiyah pada anak. Bersantap sahur bersama, memakan hidangan berbuka dari masakan istri tercinta. Ditambah ketika sang suami yang biasanya super sibuk itu, membangunkan pasangannya untuk melaksanakan salat malam dan berdoa bersama.


Jika banyak orang yang mengeluhkan tentang ibadah di rumah, maka aku salah satu orang yang paling bersyukur karena hal itu. Dengan berusaha melihat sisi baik dari setiap masalah, maka kita akan menjumpai kebaikannya. Hal yang sama berlaku sebaliknya. Jika kita hanya memenuhi pikiran dengan hal negatif, maka akan sulit menemukan sisi baik atas sesuatu.

Gambar by: pexel

Nubar-Nulis Bareng/Asri Susila Ningrum