Ritual Pasangan

Saat baru pacaran atau menikah, pasangan baru pasti sedang mesra-mesranya. Dari bangun tidur hingga mau tidur rasanya cuma ingin berdua. Di kepala yang diingat paling sering sepanjang hari ya kekasih hati.

Seperti lirik salah satu lagu Maia (“Ingat Kamu”) :

Aku mau makan, kuingat kamu. Aku mau tidur, ingat kamu. Aku mau pergi, ku ingat kamu. Oh cinta, mengapa semua serba kamu?”
Hehehe…

Tapi pertanyaannya, setelah bersama berbulan-bulan, bertahun-tahun, belasan atau puluhan tahun, masihkah sehangat dan sedekat seperti awal bersama?

Ada yang bilang, bahwa kondisinya sudah berbeda. Cinta yang sekarang (setelah bertahun-tahun bersama) bukan lagi cinta yang menggebu-gebu seperti awal-awal dulu. Cinta yang sekarang lebih seperti teman baik. 

Sebagian bilang bahwa pasangannya adalah partner membesarkan anak-anak mereka. Bahkan ada yang bilang
kalau dulu nomor satu istri/suami, sekarang nomor satu anak.

Karena banyak pasangan menunjukkan keadaan serupa, maka kondisi ini seringkali dianggap wajar dan normal. Seiring berjalan waktu, ada perubahan sikap dalam hubungan.

Namun ada sebagian lain pasangan, yang memilih sebaliknya. Menjaga hubungan yang telah bertahun-tahun, tetap sehangat dan bahkan lebih kuat dari saat pertama menjalin kasih.

Mereka memilih untuk menjaga api cinta setiap hari. Banyak cara dilakukan. Ada yang rajin saling memuji dan berterima kasih, untuk sekecil apapun pemberian atau hal baik yang dilakukan pasangannya.

Ada juga yang berbagi hidup setiap hari. Berbagi mimpi, bekerja bersama baik bisnis maupun pekerjaan rumah. Saling bantu dan dukung satu sama lain.

Ada lagi yang rajin mengucapkan “i love you” sebelum tidur dan sesudah bangun, sambil mencium dan memeluk pasangannya. Juga menggenggam tangan sebelum terlelap.

Ada juga yang tetap menyediakan waktu berdua, diantara hiruk pikuk dan kesibukan kerja atau mengurus rumah. Satu minggu sekali menikmati makan berdua, jalan-jalan, atau nonton. Hanya berdua. Tanpa anak, pekerjaan atau lainnya.

Pasti masih banyak contoh ritual pasangan yang lain. Mungkin anda juga punya yang berbeda. Namun sebaiknya setiap pasangan memilikinya. Ritual, yang membuat api cinta dengan pasangan terus menyala dengan indahnya. Bertahun-tahun dari sekarang, puluhan tahun, sepanjang hidup bersama.

Jika belum ada, bisa dimulai dari sekarang. Tak perlu menunggu ajakan pasangan. Kita bisa memulainya jika ia belum. Bukankah waktu terlalu berharga untuk disia-siakan?

Cinta yang hangat diantara dua hati akan membawa pada kualitas hidup yang lebih baik. Lebih sehat dan bahagia. Sekaligus menjadi contoh yang indah bagi anak-anak, bahwa kedua orang tuanya adalah teladan cinta sejati.

Renny Artanti
STIFIn Business & Family Trainer
Co-Founder Xcellence International Training