Review buku Njoto

Siapa yang tak kenal dengan PKI saat ini? Pastilah setiap orang mengetahui bagaimana kekejama PKI yang telah diajarkan di buku-buku sekolah. Pernahkah kita mengetahui yang sebenarnya bagaimana PKI sesungguhnya?
PKI yang merupakan kependekan dari Partai Komunis Indonesia telah menggegerkan negara Indonesia, khususnya saat tercetuslah gerakan G-30S/PKI. Buku ini bercerita tentang salah satu dari beberapa anggota PKI, atau bisa disebut orang-orang beraliran kiri.


Nyoto, ialah nama salah satu anggota PKI yang juga merupakan wakil ketua II comite central dalam PKI tersebut. Bahkan aku sendiri tak pernah tahu tentang comite central ini. Dalam buku ini dijelaskan secara gamblang bagaimana anggota PKI melakukan aksinya, terutama Nyoto.


Selain menjadi wakil ketua, Nyoto merupakan seseorang yang sangat mencintai sastra, seni, bahkan duni tulis menulis. Kisah Nyoto pun ditulis sangat detail, mulai dari masa kecilnya, bagaimana ia mencintai buku dan seni. Hingga saat ia masih berumur 16 tahun sudah masuk menjadi anggota PKI beserta seluk-beluk perjuangan yang ia lakukan selama menjadi anggota tersebut.


Kisah yang tak pernah kutahu, nama yang tak pernah kuketahui keberadaaanya, di buku-buku pelajaran yang telah kupelajari. Bagaimana kehidupan Nyoto serta lekuk-lekuk kehidupannya yang begitu tragis, tentang bagaimana keluarganya, semuanya tertera dengan jelas.


Buku ini pun memberi pengetahuan yang luas tentang bagaimana PKI, bagaimana Nyoto, serta bagaimana keterlibatannya dalam G-30S/PKI. Sebagai seorang warga Indonesia, patutnya kita mengetahui sejarah yang telah mewarnai negara ini. Buku ini sangat renyah, bahasa yang digunakan pun sangat enak dibaca, didukung dengan bukti nyata dan informasi yang valid serta adanya foto-foto yang juga mendukung bertambahnya wawasan kita.


Saya merekomendasikan buku ini sebagai bahan bacaan untuk generasi penerus guna mengetahui sejarah kelam bangsa Indonesia yang pernah mewarnai kisah ini. Jangan pernah berhenti membaca, apalagi tentang PKI yang informasinya masih sangat simpang siur hingga saat ini.

afhermanda