RAONO (Cernak-nubar-bag-1)

Halo teman, perkenalkan namaku Raono. Aku asli etnis Jawa. Ayah dari Surabaya. Sementara bunda dari Tulungagung. Jadi kalau teman bertanya aku orang mana? Aku akan menjawab, “Orang Jawa Timur.”

Sejak lahir aku hidup di Jakarta, ibu kota Indonesia. Jadi meskipun orang Jawa, aku tidak begitu paham dengan bahasa Jawa. Banyak kosa kata yang aku tidak tahu artinya. Akhirnya mengucapkannya juga ragu. Sebenarnya asik ya kalau pintar banyak bahasa.

Tentang arti nama aku sendiri, pada mulanya aku tidak begitu peduli. Namun seiring berjalannya waktu, akhirnya aku paham betul dengan arti namaku.

Hai teman, kalian mau tahu arti namaku? Baik akan dipaparkan di sini. Tidak di tempat lain ya.

Buat teman-teman yang mengerti bahasa Jawa. Jangan tertawa dulu. Tahan saja ya. Terus membaca, tentu kamu akan mendapatkan banyak pelajaran. Ikuti terus kisahnya!

Menurut cerita, bunda dan ayah sudah ber-KTP Jakarta sebelum aku dilahirkan ke muka bumi. Bahkan sebelum mereka menjadi pasangan suami istri. Mereka menikah pada tahun 2005. Tepat masuk tahun 2008 lahirlah aku ke dunia, menghirup udara kota Jakarta.

Aku terlahir dari keluarga pas-pasan. Boleh jadi banyak kurangnya. Saat aku lahir, ayah berprofesi sebagai guru SD honorer di sebuah yayasan. Ibuku sebagai penjual sayuran. (Bersambung)

https://nubarnulisbareng.com/Cernak-nubar-bag-1/Ida Saidah/

One comment