RAONO (Cernak bag.8 Oleh Ida Saidah)

Kandungan Sayur Sehat

Teman-temanku yang baik, alhamdulillah aku dalam keadaan sehat sekarang. Aku doakan semoga kalian sehat juga ya. Ngomong-ngomong, sudahkah kalian mecoba membuat sayur sehat?

Jika belum, wah rugi besar. Harus dicoba ya. Kok harus, kenapa tidak wajib sekalian. Iya wajib dicoba. Karena kandungan vitamin dan meneral dalam bahan-bahan sayur sehat itu beragam dan multifaedah. Ikuti terus ceritaku.

Wortel termasuk kelompok sayuran, tetapi berupa umbi. Berwarna oranye bukan,merah juga bukan. Intinya, menarik pandangan mata. Rasanya manis-manis hambar. Enak enak enak.

Menurut bunda, wortel itu memiliki banyak kandungan dan khasiat. Ada vitamin A, B, dan K, juga kalium sebagai mineral. Selain itu kaya serat. Ini bagus untuk pencernaan. Serta karbohidrat sebagai sumber energi. Pokoknya wortel itu antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi cocok dikonsumsi di musim Corona dan musim lainnya.

Sedangkan dalam sayur bayam terdapat tambahan jenis vitamin. Selain vitamin A, B, dan K, juga mengandung vitamin C. Ini bagus untuk kesehatan kulit dan gusi. Mineralnya yaitu magnesium dan asam folat untuk menjaga keseimbangan hemoglobin darah. Dengan demikian mempunyai manfaat yang sama yaitu sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selanjutnya jagung. Yang jelas karena banyak mengandung karbohidrat maka akan menjadi sumber tenaga. Kita bisa jalan dan mengangkat barang karena bertenaga. Jagung itu dapat menghilangkan rasa lapar syaratnya cukup dimakan setelah direbus. Awas jangan hanya dipandang. Akan hilang manfaatnya.

Kandungan vitamin jagung tidak jauh beda dengan wortel dan bayam. Apa coba? Ayo tebak! Betu, dalam jagung terdapat vitamin A, B, dan C. Nah mineralnya lebih banyak. Terdapat mangan, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan tembaga. Ini semua dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Nah begitu teman-teman, mengapa aku suka sayur sehat. Selain bahannya mudah didapat, membuatnya pun sungguh sederhana. Dan yang terpenting, manfaatnya itu. Ayo yang belum suka sayur. Mulai hari ini makan dengan sayur sehat. (Bersambung)

https://nubarnulisbareng.com/Cernak.Raono.bag.8/IdaSaidah/