Ramadhanku

Oleh: Bunda Denok

Hai, adik-adik di rumah. Bagaimana nih kabar hari ini? Masih belajar dan beraktifitas di rumah kan? Meskipun di rumah tapi semangat untuk melakukan kegiatan terus lanjut ya. Kalahkan rasa malas, apalagi besok kita sudah memasuki bulan Ramadhan. Haa besok sudah Ramadhan?

Betul. Wah, serasa cepat ya. Namun tak perlu bersedih, meskipun Ramadhan kita kali ini berbeda dari Ramadhan sebelumnya.

Nah, kali ini Bunda Denok mau berbagi tips untuk mengisi Ramadhan kita, supaya tetap semangat. Simak ya.

  1. Buat jadwal asyik

Benar. Ini seru banget. Caranya, kita bisa diskusi bersama ayah bunda, kakak, dan adik. Buat jadwalmu mulai jam bangun sahur sampai kegiatan malam seusai salat tarawih.

Kegiatan ini bisa berisi kegiatan ibadah, menjaga kebersihan, dan bermain.

Syaratnya semua anggota keluarga wajib mematuhi jadwal yang telah disepakati.

  1. Buat Reward

Wah, ini keseruan lagi. Setelah membuat jadwal keseruan selama bulan Ramadhan, sepakati juga reward apa yang bisa diperoleh selama anggota keluarga mampu melaksanakan jadwal dengan baik.

  1. Siapkan kisah tokoh inspiratif

Nah, kalau ini tugas ayah dan bunda ya.

Selama bulan Ramadhan ayah dan bunda sebisa mungkin menceritakan kisah-kisah pejuang muslim. Tujuannya supaya semua anggota bisa mengambil hikmah dan serasa dekat dan cinta kepada Allah, Rasul, dan sahabatnya.

  1. Cerita Ulang

Kalau pada point ke 3 adalah tugas ayah dan bunda. Pada point “Cerita Ulang” ini waktunya anak-anak yang bereksplorasi. Maksudnya?

Iya, kamu adik-adik. Belajar menceritakan kembali apa yang sudah diceritakan orang tuamu. Bisa dikemas seperti mendongeng.

Wah, ntar kalau sudah masuk sekolah pasti lebih percaya diri.

  1. Teropong Kebaikan

Apa sih ini Teropong Kebaikan? Penasaran kan?

Oke. Alhamdulillah ya adik-adik kalau kita dikaruniai keluarga yang serba kecukupan. Tahukan kalau sekarang di dunia sedang mengalami pandemi. Apalagi anjuran dari pemerintah untuk mencegah penyebaran, semua warga tinggal di rumah saja.

Tapi bagaimana dengan teman-teman kita yang keluarganya masih banyak kekurangan? Nah tugas kita adalah membantu. Caranya kita bisa berbagi dengan tetangga kanan kiri kita. Karena saudara yang paling dekat adalah tetangga. Jangan sampai ada tetangga kita yang kelaparan dan kita tidak tahu.

Gimana nih tips Bunda Denok? Seru kan? Ikuti terus tulisan dari Bunda ya. Semoga bermanfaat.

Malang, 23 April 2020