Perjuangan Adalah Inti Kehidupan

Perjuangan Adalah Inti Kehidupan

Pernahkah terpikir bahwa sebenarnya hidup kita adalah sebuah perjuangan?

Semenjak masih berupa janin, bahkan sebelum itu, kita telah berjuang. Berusaha untuk hidup dan berkembang di dalam ruang sempit yang disebut rahim. Hari demi hari bertahan hingga tiba saatnya untuk menghirup udara dunia.

Ketika telah berada di dunia, meski usia kita masih satu detik pun kita telah berjuang. Mencoba beradaptasi dengan udara, cahaya, dan lingkungan yang jauh berbeda. Setelah berusia enam bulan, lagi-lagi kita mengalami perjuangan dan tantangan baru. Berusaha menggunakan organ pencernaan untuk mengolah makanan, bukan hanya susu.

Perjuangan, terus saja kata itu mendampingi waktu dalam kehidupan. Pernahkah berpikir apa yang terjadi, jika saat belajar berjalan kemudian kita menyerah dan tidak mau lagi berusaha? Pasti saat ini kita tidak bisa melangkahkan kaki, apalagi berlari.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), salah satu arti dari perjuangan adalah usaha yang penuh kesukaran dan bahaya. Artinya, perjuangan adalah melakukan sesuatu dengan gigih, karena setiap tantangan dan ujian adalah tahapan yang harus dilalui agar bisa naik kelas.

Apa benar perjuangan adalah inti dari kehidupan?

Orang tua berjuang mencari nafkah, mendidik, memberi kelayakan untuk kita. Kita berjuang untuk bertahan hidup, meraih cita-cita, berusaha berbakti pada orang tua, hingga akhirnya kita pun menjadi orang tua. Setiap fase itu harus dilalui dengan satu kata, yaitu perjuangan.

Bahkan untuk melaksanakan ibadah saja kita membutuhkan perjuangan. Apa saja perjuangannya? Melawan rasa malas, menunda sesaat urusan dunia, menyisihkan waktu di antara kesibukan.

Maka, inti dari kehidupan kita sebenarnya adalah perjuangan. Namun, sebuah perjuangan akan menjadi tanpa makna, hanya berjuang saja, jika tidak memiliki esensi di dalamnya.

Bagaimana caranya agar perjuangan di dalam kehidupan ini memiliki nilai lebih? Berikut ini tipsnya.

  • Luruskan niat

Bersihkan hati dan luruskan niat saat akan melakukan sesuatu. Niatkan semua hal untuk beribadah. Maka, apa pun kebaikan yang kita lakukan tidak hanya menjadi debu di atas batu licin, hilang ketika tertiup angin dan hujan.

  • Lakukan dengan sungguh-sungguh

Segala hal yang kita lakukan di dunia ini akan selalu diawasi oleh Tuhan. Dia bagaikan juri di dalam sebuah perlombaan. Jika kita menginginkan kemenangan dalam tiap ujian yang diberikan-Nya, maka kita harus melakukan segala hal dengan sungguh-sungguh.

  • Jangan mudah menyerah

Seperti lirik dalam lagu D’Massiv. Jangan menyerah dan syukuri apa yang ada, karena hidup adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa. Maka, bangkitlah di tiap kali jatuh. Jika kita menyerah, kita hanya akan tertinggal dan akhirnya menjadi seorang yang kalah.

  • Serahkan kembali pada Sang Pencipta

Setelah semua yang kita usahakan, hal berikutnya yang penting dilakukan adalah berpasrah diri pada Tuhan. Karena hanya Dia yang akan menentukan bagaimana hasil dari perjuangan kita.

Semoga tips ini bermanfaat untuk sobat semua dalam menjalani perjuangan kehidupan.

Berjuang untuk kehidupan, sebab kehidupan itu perjuangan.

Asri

Nubar-Tulis Bareng/Asri Susila Ningrum