Perjuangan Ada disetiap Helaan Nafas Kita

Selama Allah masih titipkan kita nafas, maka kita tidak akan pernah berhenti untuk berjuang, perjuangan identik dengan semangat untuk mempertahankan kehidupan, dan Nabiyullah Muhammad Saw, seumur hidupnya tidak pernah berhenti melakukan perjuangan dakwah yang sampai hari ini kita rasakan kenikmatannya. Ini adalah hasil perjuangan dari Nabi Muhammad Saw. Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad.

Begitupun untuk Ibadah yang telah Allah tetapkan pada kita manusia dalam alquran                                                

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Dan tidaklah Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah kepadaku” (Q.S adz-Dzaariyaat ayat 56)

Untuk ibadah perjuangan kita tidak main-main, karena rival kita adalah syaitan yang tidak pernah berhenti untuk menggoda kita manusia, agar melalaikan dan melupakan segala bentuk  ibadah kita kepada Allah Swt.

Bagaimana   dengan seorang pendidik,  perjuangan mereka terlebih lagi di masa COVID 19 ini, sangat luar biasa ketika sudah ditetapkan akan ada kegiatan belajar di rumah, maka semua bergerak mencari tau  untuk mempersiapkan pembelajaran online, belajar untuk mengaplikasikan google class room, google form, Quizizi  serta aplikasi Zoom, rapat, briefing sering di lakukan, belum lagi mengikuti pelatihan-pelatihan online seperti, Daring dan Piber,  menyiapkan pelajaran yang disukai siswa, sama-sama bersinergi, karena ingin memberikan yang terbaik pada siswa, bekerja sama dengan orang tua, memotivasi siswa, mengkondisikan keadaan, menginformasikan hal-hal yang terkait tentang COVID 19.

Begitupun dengan orang tua, perjuangan mereka saat ini tidak main-main, harus mampu bekerja sama antara fikiran, hati dan sikap. Karena rumah jadi sekolah, rumah jadi kantor, perjuangan para orang untuk mampu menggantikan peran guru sementara, bisa di pastikan bagaimana repotnya apabila ada orang tua yang memang tidak pernah tau bagaimana membantu anak dalam belajar. Inilah saatnya berjuang.

Masih banyak lagi, berbagai hal yang terkait dengan perjuangan, pada dasarnya selama hayat masih dikandung badan, selama nafas masih berhembus maka Allah tetapkan kita untuk terus berjuang. Semoga Allah nilai sebagai Perjuangan yang bukan hanya bisa dinikmati didunia, tetapi juga  akan di nikmati di syurga.

Islam mengajarkan kita untuk terus berfikiran dan bertindak positif, dalam sebuah hadist tertulis “Barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin maka ia termasuk orang yang beruntung” ini menggambar bahwa islm mengajarkan umatnya untuk terus mau berjuang, untuk menjadi lebih baik, untuk terus memiliki cita-cita, keinginan yang di barengi dengan perjuangan yang tak pernah surut.

Setiap apa yang kita lakukan adalah  Perjuangan apabila diniatkan semata hanya karena Allah,  maka akan bernilai ibadah, ibadah yang di perintahkan Allah kepada kita, masing-masing kita akan terus berjuang dan setiap apa yang di lakukan  di dunia kitapun akan kembali memperjuangkannya dalam bentuk mempertanggung jawabkan setiap apa yang telah kita lakukan didunia. “Sesungguhnya hidupku dan matiku hanya karena Allah taala”

Nubarnulisbareng/Nurfahmi

Sumber gambar : Foto cuplik dari Wa