Peraih Piala pada Event Non Fiksi Pertama Nubar Area Sumatera yang Tak Terduga

Peraih Piala pada Event Non Fiksi Pertama Nubar Area Sumatera yang Tak Terduga

Judul: Kiat Sehat Herbal Ala Rumahan

Penulis: Asri Susila Ningrum, Re Reynilda, Tatik, Salma Riziq, Widar, Dewi Adikara, Indah Rukmi, Khadijah Hanif, Ribka ImaRi, Hamni Azmi, Vita Agung, Mbok Wati, Cha, Ummu Arasy, Eka D. Rifa’i, Arie Primasari, Siti Rachmawati M., Ekadinda, Ami dan Emmy Herlina

Penerbit: CV Rumah Media

ISBN: 978-623-7809-07-4

Event ke- 11 Nubar Area Sumatera

Blurb:

Si kecil demam, stok obat habis. Tubuhnya mulai gemetar dan ia mulai mengigau. Plester demam tidak membantu karena ia tidak mau dikompres. Harus bagaimana?

“Wah! Bau apa ini?” ujar saya ketika membuka pintu kamar anak-anak perempuan pagi itu. Ternyata, si kecil yang sedang beranjak remaja memiliki masalah bau badan. Harus bagaimana?

“Gimana, nih, Bu? Saya enggak pernah ngemil, tapi sering makan nasi. Saya pingin kurus tapi kalau mengurangi makan, saya malah kena vertigo.” Harus bagaimana?

Beberapa masalah kesehatan yang sering kita temui sehari-hari, ternyata obatnya ada di sekitar kita. Banyak kiat resep sehat herbal dari warisan keluarga dapat dijumpai di buku ini, lengkap dengan cara pembuatan dan cara pengaplikasiannya.

***

Dari 10 event Nubar Area Sumatera yang telah berlangsung, semuanya bertemakan fiksi maupun bunga rampai. Yang artinya semuanya berisikan kumpulan cerita (story telling) dari berbagai penulis berbeda. Nah, kali ini, Nubar Area Sumatera bikin gebrakan sesuatu yang beda! Kumpulan non-fiksi.

Berawal dari ide salah satu PJ Area Sumatera, yaitu Mbak Asri Susila Ningrum, untuk membukukan resep obat herbal dari masing-masing kontributor supaya bisa ikut dicoba oleh pembaca. Bahkan penyusunannya juga menarik, diawali cerita, ditutup artikel, lengkap dengan langkah-langkah yang bisa diikuti dengan mudah.

Contoh saja “Mengatasi Masalah pada Bau Badan Remaja dengan Daun Sirih” yang ditulis oleh Mak Re Reynilda:

Hmm … saya pribadi terbiasa meminum jamu sedari kecil karena ibu mengharuskannya. Jamu berguna untuk mengurangi gatal karena alergi pada kulit yang saya derita. Selain itu, juga membantu mengatasi masalah jerawat pada wajah saya. Saya jadi berpikir, bagaimana caranya meminta anak-anak untuk meminum air rebusan daun sirih yang sudah pasti rasanya pahit dan tidak enak. (Mengatasi Masalah pada Bau Badan Remaja dengan Daun Sirih oleh Re Reynilda)

Ada juga “Minuman Pencegah Batuk, Pilek dan Meriang” yang ditulis oleh Mbak Ribka ImaRi berikut ini:

Selesai mencuci piring, aku membuka kulkas untuk menyiapkan bahan MPASI untuk bayiku. Tak sengaja aku menemukan kantong plastik kecil berwarna putih berisi bumbu dapur lengkap. Ada jahe, lengkuas, kunyit, daun serai, daun salam, dan daun jeruk. Bumbu dapur yang biasa kubeli untuk persediaan saja. Siapa tahu aku membutuhkannya saat harus memasak yang di luar rencana.

Seketika pikiranku berimajinasi, sepertinya bumbu dapur ini bisa dibuat minuman untuk menyegarkan badan dan membantu mengobati batuk pilekku. Toh, jamu yang dijual mbak gendong juga berbahan bumbu dapur seperti ini.

(Minuman Pencegah Batuk, Pilek dan Meriang oleh Ribka ImaRi)

Dari keseluruhan tulisan, satu naskah terpilih akhirnya jatuh kepada … PJ-nya langsung. Simak tulisan Mbak Asri ini:

Kini, tubuh si kecil mulai gemetar dan ia mulai mengigau. Aku hanya bisa memeluknya sambil menangis. Tiba-tiba aku ingat masih memiliki stok plester demam di lemari pendingin. Akan tetapi, hal itu juga tidak dapat membantu karena ia juga tidak mau dikompres menggunakan plester demam. Setiap kali aku tempelkan di dahinya, selalu ia lepaskan kembali.

Otakku berputar dan berpikir keras. Aku mencoba mengganti pakaiannya dengan yang lebih longgar, dan memberinya air minum lebih banyak. Ah iya, akhirnya aku ingat. Saat aku kecil, mama pernah memberiku asam jawa sebagai pengganti kompres.

Semoga ini bisa membantu untuk para orang tua yang mengalami kejadian serupa denganku.

(Asam Jawa Pengganti Kompres oleh Asri Susila Ningrum)

Asri Susila Ningrum, PJ sekaligus naskah terbaik pilihan dalam “Kiat Sehat Herbal Ala Rumahan”

Selamat ya Mbak Asri Susila Ningrum. Baru kali ini nih, dalam event Nubar Area Sumatera, yang jadi naskah terbaik PJ-nya sendiri. Hihihi. Tulisan beliau memang pantas mendapatkan piala. Selain cerita yang tidak kepanjangan, artikel juga tepat sasaran. Jadi bukan karena kepiawaiannya dalam mengoordinasi para kontributor, melainkan isi tulisan sendiri yang memang benar sesuai dengan kriteria naskah terbaik.

Teman-teman juga kudu miliki buku ini di rumah, dong. Sudah saatnya kita kembali pada herbal yang lebih aman, minim efek samping dan mudah diserap tubuh. Makanya, cuzz langsung pesan bukunya, bisa wa ke saya di 085273642724, bisa juga dengan menghubungi Mbak Asri, sang pemilik piala naskah terbaik. Ehem.

rumahmediagrup/emmyherlina