PEMBURU VARIASI?

Kebutuhan dasar kedua manusia setelah kepastian dan kenyamanan adalah variasi. Mengapa begitu?

Apabila kita ‘pasti’ mendapatkan sesuatu setiap hari dan kenyamanan yang sama terus menerus, kita akan merasa bosan.

Misalnya saja anda bisa makan tiga kali sehari nasi padang terus menerus. Awalnya enak, tapi kalau satu minggu makan nasi padang terus, pasti merasa bosan.

Anda punya kamar yang bagus, nyaman dan AC yang dingin. Namun jika disuruh terus berada dalam kamar tanpa keluar dalam beberapa hari pasti merasa bosan juga.

Maka manusia membutuhkan variasi dalam hidup. Makan beberapa jenis rasa (manis, asin, pedas) untuk mendapat variasi. Ganti model rambut supaya dapat variasi.

Ganti model pakaian, menata rumah, pergi nonton, berlibur, makan diluar, semuanya adalah contoh pemenuhan kebutuhan variasi.

Bahkan dalam menjalin hubungan, sangat butuh variasi untuk menghindari kejenuhan. Bukan variasi pasangan ya hehe, namun variasi cara komunikasinya.

Memberikan hadiah kecil, mengajak jalan-jalan, bercanda semua adalah bentuk variasi yang dibutuhkan agar pasangan tidak merasakan rutinitas yang membosankan ketika berinteraksi dengan kita.

Kita juga perlu membuat variasi kegiatan anak, terutama saat mereka belajar dari rumah agar tidak merasa bosan. Belajar dengan cara bercerita, bermain-main, membuat percobaan, project merupakan bentuk variasi agar anak terhindar dari kejenuhan.

Youtube menyenangkan karena banyak variasi. Begitu juga dengan mall, bazaar, restoran, tempat wisata.

Setiap manusia butuh variasi. Makin banyak seseorang atau sesuatu memberikan variasi kepada kita, makin bahagia dan senang kita bersama orang tersebut atau melakukan kegiatan itu.

Sebaiknya, semakin minim variasi yang kita terima dari seseorang atau suatu kegiatan (rutinitas yang membosankan), apalagi jika menyangkut sesuatu yang tidak nyaman bagi kita, akan membuat kita cepat lelah, jenuh dan ingin menghindar dari orang atau kegiatan tersebut.

Jadi, selain kepastian dan kenyamanan, sudahkah kita menjadi seseorang yang menyenangkan bagi orang-orang di sekitar kita karena memenuhi kebutuhan variasi mereka?

Atau jangan-jangan mereka merasa bersama kita itu membosankan?

Kita lanjutkan membahas kebutuhan dasar manusia ketiga besok.

Semoga bermanfaat.

Renny Artanti
STIFIn Family & Business Trainer
Co Founder of Xcellence International