Para Pahlawan dikepung virus korona

Para Pahlawan dikepung virus korona

Akhir-akhir ini, semua dihebohkan dengan munculnya virus korona, himbauan untuk tetap di rumah ramai digaungkan, beberapa perusahaan dan instansi pemerintahan memberlakukan kebijakan  bekerja dari rumah untuk pegawainya, sekolah-sekolah diliburkan diganti dengan kegiatan belajar dari rumah dengan aplikasi online .

Hal ini tidak berlaku bagi perusahaan kami, disini kami tetap diharuskan masuk kerja dan melayani nasabah sebagaimana mestinya. Bertemu dan berbagi cerita dengan orangg-orang yang tetap harus berjuang untuk keluarga ditengah kisruh wabah yang membayangi membuat saya banyak belajar tentang hidup dan kehidupan.

Seorang guru sekolah dasar bercerita, adanya himbaun pemerintah untuk belajar dari rumah membuat pekerjaan mereka terasa lebih sulit, tak lain karena di tempat ia mengajar penggunaan teknologi masih sangat minim, sehingga setiap hari ia harus mendatangi satu persatu rumah murid-muridnya untuk mengajarkan materi berhitung, membaca dan lain sebagainya. Tanggung jawab tetap ia laksanakan walau tanpa fasilitas alat transportasi, uang makan bahkan tambahan gaji. Ia sempat bercanda “kami khawatir guru-guru disini mati karena capek bukan karena korona Bu.” Hal ini karena masing-masing guru harus mengunjungi 20-30 rumah siswa dengan jarak yang berjauh-jauhan setiap harinya.

Pun demikian ketika melakukan kunjungan ke rumah nasabah, seorang ibu mengeluhkan tentang kondisi ekonomi yang terasa makin menghimpit untuk masyarakat kecil, ia bukannya tak mengindahkan himbauan untuk tetap di rumah, tapi sebagai petani ia tetap harus menggarap kebunnya, membawa hasil panen untuk dijual. Si ibu dengan polosnya berkata “Kami petani Bu, kami lebih takut gudang ditutup dan hasil panen kami tidak dibeli. Kami mau makan apa bu?” Seketika dada ini terasa sesak.

Maka bersyukurlah ketika kamu bisa berdiam diri di rumah, menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga, menyantap makanan lezat. Tak perlu iseng mengomentari atau mengata-ngatai kehidupan orang lain karena mungkin saja mereka punya alasan sendiri yang mengharuskan mereka untuk tetap bekerja dan berada diluar rumah, kamu tak pernah tahu mereka itu adalah pahlawan untuk keluarganya.

#stay safe #stay healthy #stayathome

One comment