NO MORE FAMILY ‘BAPER’

Keluarga adalah lingkungan yang sangat besar dan kuat pengaruhnya bagi kita. Disini saya ingin membahas tentang keluarga dalam lingkup orang tua, saudara dan kerabat dekat.

Setiap orang pasti ingin memiliki keluarga idaman. Yang penuh perhatian, dukungan, kepedulian dan kasih. Juga yang bisa mengerti dan memahami kita, lebih baik daripada orang baru yang kita kenal di luar sana.

Namun yang kadang luput dari kesadaran kita, walau punya hubungan darah, bukan berarti keluarga adalah mereka yang punya tanggung jawab untuk paling mengerti dan memahami kita. Begitupun sebaliknya.

Keluarga belum tentu sesuai harapan kita. Sebagaimana kita belum tentu seperti harapan mereka.

Bahkan seringkali perseteruan kita justru terjadi dengan keluarga dan orang-orang terdekat, disebabkan perbedaan pola pikir dan lingkungan.

Apalagi ketika sebagian besar dari mereka memiliki kemiripan pola pikir dan lingkungan, sementara kita berbeda. Bagaikan makhluk mars yang terdampar di bumi. Merasa terasing dan sendiri.

Bagi mereka, kita mungkin aneh dan tak biasa. Tak dimengerti jalan pikirannya. Begitupun mereka di mata kita. Saking berbeda, mungkin saja terjebak dalam pemikiran ‘punya keluarga serasa tak punya’.

Dengan kondisi seperti ini, tidak gampang memiliki harapan untuk dekat dengan keluarga. Sebab apa yang dibicarakan, preferensi, kebiasaan, kegiatan, cita-cita, cara pandang, semuanya berbeda. Saya kebetulan termasuk salah satu yang merasakannya.

Terus belajar menerima dengan ikhlas bahwa keluarga memang tempat kita berasal yang tidak akan berubah sampai kapanpun. Namun itu tidak membawa konsekuensi bahwa merekalah yang seharusnya terdekat dengan kita. Syukuri saja keberadaannya.

Kedekatan dan kecocokan sejati kita dengan orang lain atau sekumpulan orang tertentu bukanlah disebabkan pertalian darah, tetapi karena persamaan cara melihat dunia.

Bisa jadi dengan pasangan, sahabat, atau siapapun yang satu frekuensi dengan kita. Mereka adalah keluarga yang patut disyukuri kehadirannya.

Renny Artanti
STIFIn Family & Business Trainer
Co Founder of Xcellence International Training