Ngemal Lagi? Siapa Takut!

Ngemal Lagi? Siapa Takut!

New Normal (normal baru), merupakan suatu upaya untuk dapat hidup berdampingan dengan si virus kecil menggegerkan–Covid-19–yang entah kapan akan hilang. Pada saat telah diberlakukan kehidupan normal baru, maka secara bertahap fasilitas-fasilitas publik akan dibuka lagi. Mulai dari rumah ibadah, mal, tempat wisata, hingga akhirnya sekolah dan kampus.

Yeay! Setelah beberapa bulan di rumah saja, tidak bertemu secara langsung dengan teman, tidak bisa jalan-jalan, nongkrong, akhirnya bisa bebas. Eits, jangan lupa “bebas” di sini adalah “bebas bersyarat”, loh.

Apa itu bebas bersyarat? Selama Covid-19 masih ada dan belum ada vaksin penangkalnya, maka kita wajib untuk selalu menjalankan protokol kesehatan. Gaya hidup normal baru mengharuskan kita untuk selalu memperhatikan kebersihan dan menaati peraturan. Mengikuti semua anjuran yang telah dibuat oleh pemerintah. Semua demi kepentingan bersama. Menjaga keselamatan dan kesehatan diri berarti ikut menjaga orang-orang di sekitar kita, termasuk si dia yang kita sayangi.

Terus, bagaimana caranya kalau mau jalan-jalan dan ngemal? Kan sebentar lagi mau lebaran haji, pasti banyak diskonan dan produk-produk busana kece.  

mall (pixabay)

Dilansir dari lifestyle.okezone.com, terdapat beberapa tips agar kita bisa aman selama hangout di mal:

  • Mengenakan masker

Penting! Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker saat bepergian. Masker mencegah droplet kita mencemari orang lain, ataupun benda-benda di sekitar kita. Terlebih jika kondisi tubuh kita menurun, bersin-bersin, atau batuk, masker menjadi sesuat hal yang wajib dikenakan.

  • Melakukan pengecekan suhu tubuh

Saat akan memasuki mal, jangan lupa untuk meminta petugas mengecek suhu tubuh kita. Biasanya ada security atau petugas mal yang standby di depan pintu masuk untuk memeriksa suhu pengunjung.

  • Menjaga kebersihan tangan

Rajin-rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, atau hand sanitizer setelah menyentuh sesuatu di mal. Tisu basah yang mengandung antiseptik juga dapat digunakan untuk membersihkan tangan kita.

  • Tidak berdesakan

Biasanya kita akan lupa daratan saat melihat label “DISKON”. Tahan diri, lebih baik untuk tidak berdesakan dan menunggu agak sepi, jika ingin melihat produk tersebut.

  • Tetap menjaga jarak

Jaga jarak terhadap pengunjung lain, terutama saat mengantre di kasir. Budayakan tertib dan sabar.

  • Meminimalisir transaksi tunai

Usahakan untuk menggunakan aplikasi cashless yang telah banyak tersedia saat ini, atau bisa menggunakan kartu debit/kredit saat melakukan pembayaran.

  • Selalu disiplin

Disiplin, adalah kata kunci pencegahan diri dari Covid-19.

Semoga tips tersebut dapat bermanfaat untuk sobat semua yang berencana untuk ke mal. Selamat jalan-jalan dan happy shopping!

Nubar-Nulis Bareng/Asri Susila Ningrum