Mulai Bosan Saat Di Rumah Saja? Yuk, Nonton 5 Film Bollywood Jadul Ini

Mulai Bosan Saat Di Rumah Saja? Yuk, Nonton 5 Film Bollywood Jadul Ini

5 Film Bollywood yang sarat pesan kehidupan

Assalamualaikum sobat web nulis bareng rumedia, semoga semuanya dalam keadaan sehat dan bahagia ya, aamiin.

Sudah hampir 1 bulan, kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Rasa jenuh dan bosan mungkin sudah mulai datang. Kira-kira kegiatan apa ya, yang bisa dihabiskan bersama keluarga? Salah satu kegiatan yang paling mudah adalah menonton film. Nah, film apa ya, yang kira-kira bisa ditonton bareng sama anak-anak usia remaja?

Anak-anak remaja yang sudah mulai mencari referensi dari lingkungan, ada baiknya untuk kita ajak berdiskusi dengan film-film yang punya sarat tentang kehidupan. Seperti 5 film Bollywood jadul berikut ini, yang emang memiliki pesan-pesan positif terhadap kehidupan. Penasaran apa saja filmnya? Simak terus di sini ulasannya.

1] Taare Zameen Par (Like Stars on Earth)

Gambar dari hipwee.com

Film tahun 2007 ini dibintangi oleh aktor besar Bollywood, Aamir Khan, yang menceritakan seorang anak bernama Ishaan Awasthi (Ishaan). Ia berusia 8 tahun dan mengalami permasalahan di sekolah. Ishaan dikenal sebagai anak yang usil, susah diatur, dan mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran. Akhirnya Ishaan pun selalu mendapatkan nilai-nilai yang kurang baik.

Orang tua Ishaan yang merasa marah dan kecewa, memutuskan untuk menyekolahkan anaknya ke asrama, agar ia bisa disiplin dan bertanggung jawab. Setelah bersekolah di asrama, seorang guru bernama Ram Shankar Nikumbh (Ram), mengetahui bahwa Ishaan sebenarnya adalah anak yang jenius. Selama ini ia bersikap seperti susah diatur karena Ishaan merasa berbeda dari teman sebaya dan tidak ada yang mengerti dirinya. Ram mengetahui kalau Ishaan mengidap disleksia, sehingga ia memiliki kesulitan membaca.

Dalam pandangan seorang yang mengidap disleksia, bila mereka melihat huruf dan angka itu seolah menari-nari, karena hal tersebut biasanya penderita lebih sulit membaca dan mengenal angka. Mulai dari situlah Ram secara khusus memberikan perhatian khusus terhadap Ishaan dan ternyata benar Ishaan mengalami perkembangan yang luar biasa.

Film ini mempunyai pesan-pesan yang luar biasa, khususnya bagi orang tua. Film ini menegaskan kalau setiap anak yang dilahirkan itu istimewa. Mereka mempunyai potensi dan keunikannya masing-masing. Sebagai orang tua sebaiknya kita menggali potensi tersebut agar anak kita dapat berkembang dengan baik.

2] Slumdog Millionaire

Gambar imdb.com

Salah satu film Bollywood yang sukses dan ditonton banyak orang, serta berhasil menyabet penghargaan di ajang bergengsi Oscar. Film tahun 2008 ini, memiliki cerita sederhana yang unik. Hanya mengangkat tentang seorang anak yang berhasil menang dari sebuah Quiz yang ternama di tahun 2008.

Berkisah tentang Jamal Malik (Jamal) yang bekerja sebagai pengantar minuman. Ia mencoba peruntungannya dengan mengikuti acara kuis di televisi. Jamal berhasil menjawab semua pertanyaan dan berhasil mendapatkan hadiah utama. Mengapa seorang pengantar minuman berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terbilang sulit itu?

Ternyata saat menjawab pertanyaan kuis tersebut Jamal pun dipaksa untuk membangkitkan ingatan perjalanan masa hidupnya selama ini. Karena mempunyai perjalanan hidup yang keras dan penuh lika-liku membuat Jamal berhasil menjawab seluruh pertanyaan dikarenakan pengetahuan yang ia dapatkan selama hidupnya.

Film Slumdog Millionaire ini mempunyai pesan tentang kehidupan. Dalam kehidupan ini, kita tidak akan pernah tau bagaimana nasib (takdir) hidup ini. Karena nasib adalah sebuah misteri. Yang harus kita lakukan adalah bekerja keras dan berbuat baik agar bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, sistem pembelajaran terbaik adalah pengalaman hidup.

3] 3 Idiots

Gambar imdb.com

Satu lagi film india yang dimainkan oleh Aamir Khan, yang sukses dan sempat dibicarakan orang di mana-mana. Film ini bercerita tentang 3 orang sahabat yang sedang menempuh pendidikan di universitas, yang terkenal dengan disiplin dan menghasilkan mahasiswa-mahasiswa berkualitas. Dari sinilah cerita film ini dimulai, tentang perjuangan 3 sahabat (Rancho, Farhan, dan Raju) bisa menjadi mahasiswa berkualitas.

Ajaran tentang hidup dalam film ini menurut saya kena banget. Menjadi mahasiswa berkualitas itu bukan semata-mata hanya mendapatkan nilai yang bagus saja tetapi membutuhkan banyak proses untuk hal itu, salah satunya rasa solidaritas tinggi dalam persahabatan. Karena menjadi orang yang bisa memberikan manfaat kepada orang lainlah yang disebut manusia berkualitas.

4] My Name is Khan

Gambar imdb.com

Film ini aktor dan aktrisnya idolanya saya, nih, hehehe. Pasangan terbaik Bollywood yaitu Shahrukh Khan dan Kajol. My Name is Khan bercerita tentang Rizwan Khan (Rizwan), yang menderita sindrom asperger. Dijelaskan di dalam film ini gejala seseorang yang mengidap sindrom Asperger mempunyai kecenderungan tidak pernah bisa menatap lawan bicara, apabila sedang bicara ataupun mendengarkan. Kemudian jalannya agak membungkuk, takut dengan warna kuning dan merasa panik di tempat keramaian yang bising.

Walaupun mengidap sindrom Asperger, kehidupan Rizwan bersama keluarganya sangat bahagia. Namun kehidupannya berubah drastis setelah sebuah peristiwa bom besar terjadi. Karena hal tersebut Rizwan pun harus kehilangan anaknya. Dalam kesedihannya yang tidak bisa dia tunjukkan, Rizwan harus membersihkan namanya dan membuktikan kalau dia tidak bersalah.

Film ini mempunyai banyak pesan didalamnya. Salah satunya tentang toleransi beragama. Sebagai warga negara yang berpenduduk majemuk sudah pasti akan menemui banyak perbedaan dan ketidak cocokan. Tetapi yang membuat kita tetap rukun dan bersatu adalah karena adanya sikap toleransi, khususnya toleransi beragama.

5] English Vinglish

Gambar imdb.com

Film ini mampu membuat saya menitikan air mata. Menceritakan seorang wanita bernama Shashi yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Semenjak menikah, ia ikut tinggal dengan suaminya di luar negeri. Setelah bertahun-tahun, ia ingin mempelajari Bahasa Inggris agar bisa berinteraksi lebih baik dengan orang lain seperti tetangga, teman-teman suami, anaknya, dan sesama orang tua murid. Ia pun ingin agar ia tidak lagi direndahkan oleh keluarganya sendiri, karena hanya ia yang tidak bisa berbahasa Inggris.

Sempat ditentang oleh keluarga, tapi tidak menyurutkan Shashi belajar. Ia ingin membuktikan kalau dia mampu dan bisa berhasil belajar bahasa Inggris. Ada pesan yang mendalam, khususnya dalam kehidupan rumah tangga. Di sebuah adegan Sashi harus menyampaikan pidato bahasa Inggris di hadapan seluruh keluarganya, pesan film ini pun tersampaikan.

Seperti dikutip dari adegan film English Vinglish tahun 2012, Shashi mengatakan bahwa pernikahan itu adalah sebuah hal yang indah. Dalam sebuah pernikahan terjalin sebuah persahabatan yang paling istimewa bagi dua orang yang berbeda kepribadian. Oleh karena itu, selalu-lah untuk saling membantu satu sama lain. Dari pernikahan maka terbentuklah sebuah dunia kecil yang disebut keluarga. Maka bentuklah keluarga yang bisa membuatmu nyaman.

Film ini menyampaikan bahwa keluarga adalah segalanya. Keluarga adalah tempat dimana kamu akan selalu mendapatkan rasa cinta dan rasa hormat. Karena keluarga adalah tempat yang selalu mendukungmu apapun yang terjadi pada dirimu. Itulah makna yang terkandung dalam film ini.

Itulah dia 5 film Bollywood yang mempunyai pesan yang bermanfaat didalam filmnya. Mau apapun profesi yang sobat lakukan, tetaplah memberikan manfaat bagi orang lain ya, walaupun itu adalah hal sederhana. Selalu semangat dalam menyebarkan kebaikan ya, sobat.

Oh iya, jangan lupa siapkan tissu, karena 5 film diatas akan mampu membuat kita meneteskan air mata. Lalu, kalau sahabat tau film Bollywood lain yang punya pesan bermanfaat, tolong dishare di komentar, ya. Terima kasih.

Tulisan ini pernah ditulis dengan judul 5 Film Bollywood Yang Punya Banyak Pesan

Nubar-Nulis-Bareng/Lithaetr