Mindfulness

Sumber foto: Google

Mindfulness akhir-akhir ini sering dibahas dalam dunia kesehatan terutama mental. Mindfulness adalah kesadaran akan keadaan sekarang dan saat ini. Hampir semua orang lebih banyak hidup di masa lalu dengan kesedihan, kemarahan dan kekecewaan dan ketakutan akan masa depan.

Jarang orang yang bisa menikmati hidup masa sekarang. Pada waktu sudah hampir berakhir masa hidupnya karena sakit, baru menyadari bahwa selama hidup banyak waktu terbuang untuk penyesalan dan ketakutan. Tidak ada gunanya menyesali yang sudah berlalu dan ketakutan masa depan yang belum tentu terjadi.

Boleh menyesal dan takut serta emosi lainnya, itu hal yang wajar dan manusiawi. Tetapi jangan terlalu lama terhanyut oleh perasaan. Bahkan perasaan bisa menghancurkan iman dalam waktu 1 detik bila berlebihan.

Aku kemarin diajak Ribka teman baikku mendalami lagi tentang Mindfulness yang diadakan oleh Metaprogress. Walaupun sudah beberapa kali ikut seminar tentang Mindfulness, tetapi selalu ada hal baru yang berguna. Hal terpenting kita harus bisa mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Itu yang paling sulit. Tetapi kalau mau tekun, pasti bisa. Cara terbaik supaya bisa melakukan segala sesuatu dengan Mindfulness adalah Meditasi. Seperti gambar di atas duduk bersila di tempat yang nyaman dan pengaturan napas perut. Cukup 10 sampai 15 menit asal rutin, pasti bisa merasakan perubahan dalam olah emosi.

Dalam pekerjaan sehari-hari mulailah latihan pada saat mengerjakan 1 hal, contoh sedang memasak. Kerjakan dengan kesadaran bahwa kita sedang memasak. Seringkali pikiran kita berkelana kemana-mana, sehingga mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Pasti pernah kan saat memasak kurang konsentrasi, sehingga tangan terkena pisau. Aku sendiri pernah saat membuka makanan kaleng, tiba-tiba tangan tergores sampai berdarah-darah.

Kejadian tersebut menandakan bahwa saat memasak, pikiran terbang kemana. Perlu berhati-hati dalam mengerjakan apapun, terutama saat mengendarai kendaraan bermotor di jalan. Sangat berbahaya dan beresiko tinggi bila tidak dengan Mindfulness.

Di bawah ini aku akan membagikan sedikit materi yang aku dapat dari seminar kemarin. Semoga bermanfaat dan selamat berpraktek dari hal-hal kecil. Itu sangat mempengaruhi kehidupan kita.

Sumber foto: Metaprogress

The Power of Thinkingđź’–

The Power of Forgivenessđź’–

Wenny Kartika Sari