MENYOAL NOVEL CORONA

MENYOAL NOVEL CORONA
(Ida Saidah)

Novel Corona hanya sebuah nama. Sama seperti makhluk lainnya bernama. Menjadi menarik untuk dibicarakan banyak orang bukan karena namanya, melainkan akibat yang ditimbulkannya. Mematikan. Bahkan dapat memusnahkan kelangsungan hidup manusia di muka bumi jika tidak tertangani dengan baik. Jadi jangan heran saat ini semua kepala negara di berbagai belahan dunia menetapkan sejumlah kebijakan. Sebut saja WFH dan SFH. Selain itu ada jaga jarak dan swaisolasi. Terbaru muncul akan diterapkannya kebijakan PSBB (pembatasan sosial berskala besar).

Menyoal kebijakan itu dilandasi atas penyelamatan umat manusia dari pandemi Corona. Apakah ini sudah merupakan cara yang mangkus dan sangkil? Saya pikir, sebelum kebijakan itu benar-benar diputuskan nampaknya harus menengok ke dalam. Jika perlu lebih dalam lagi. Ingat warga masyarakat negara +62 multi dalam banyak hal. Mulai dari keyakinan, pendidikan, pekerjaan, dan letak geografis.

Bagi kelompok tertentu penerapan kebijakan tersebut tidak akan terlalu berefek. Namun bagi mereka yang pekerjaannya koreh-korek cok, sehari dapat penghasilan langsung habis hari itu juga bahkan kurang. Belum lagi ditambah dengan kondisi alam yang mengharuskan berkumpul di satu tempat penampungan. Bagaimana dapat menerapkan swaisolasi dan lainnya. Inilah persoalan serius yang memerlukan pemikiran lebih lanjut.

Pemikiran bagaimana caranya para ahli di bidang ini mampu menjinakkan Novel Corona menjadi makhluk yang bersahabat dengan ciptaan Tuhan lainnya. Tentu terutama dengan manusia. Pemikiran atau harapan Corona cepat lah pergi seperti yang berseliweran di media sosial, ini sah-sah saja. Tiap kepala punya keinginan.

Novel Corona sebagai makhluk hidup, satu di antara banyak karakteristiknya adalah berkembang biak. Ini sudah hukum alam. Ketetapan yang Mahakuasa, Allah SWT. Oleh sebab itu mari kita sama-sama berikhtiar untuk menghambat perkembangbiakannya hingga titik terendah. Kembali ke jalan yang benar. Bersih pikir dan bersih fisik.

https://nubarnulisbareng.com/MenyoalNovelCorona/IdaSaidah/