MENYAMBUT HADIRNYA SI 5G

Hari Kamis (27/05/2021) telah resmi diluncurkan jaringan 5G. Namun belum semua operator telah memperoleh Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementrian Komunikasi dan Informatika. Saat ini baru pengguna Telkomsel saja yang bisa menggunakan jaringan 5G.

Jaringan 5G adalah jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan internet lebih tinggi dari generasi sebelumnya, 4G. Jaringan 5G menjanjikan kecepatan yang dapat membuat internet seluler setara dengan Wi-Fi.

Perbedaan yang sangat jelas antara jaringan 5G dengan jaringan 4G adalah jaringan 5G menggunakan jaringan pita rendah AT &T dan T-mobile. Walau sama dengan area spektrum LTE tapi 5G menggunakan teknologi transmisi baru yang dapat meningkatkan kecepatan melebihi 4G LTE.

Jaringan 5G diharapkan memiliki kecepatan 100 kali lebih cepat dari 4G. Sebagai contoh, apabila kita mengunduh film dengan durasi dua jam menggunakan jaringan 4G, maka akan memakan waktu sekitar 7 menit. Namun bila menggunakan jaringan 5G, maka cukup memakan waktu kurang dari 10 detik saja.

Jaringan 5G juga diharapkan memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan jaringan 4G. Sehingga ketika ada banyak perangkat yang menggunakan jaringan di satu tempat, tidak mengakibatkan kelambatan ataupun kemacetan. Dengan kata lain, kecepatan data tidak terganggu sama sekali.

Sayangnya belum semua telepon seluler bisa menikmati jaringan 5G ini. Baru beberapa jenis saja yang mendukung layanan Telkomsel 5G di 2,3 GHz. Selain itu masih terbatasnya lokasi yang bisa dicapai oleh jaringan 5G, membuat belum banyak orang yang bisa menikmati jaringan 5G. Lokasi yang mendukung jaringan 5G adalah Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai, dan Alam Sutera. Yang mana semuanya ada di wilayah Jabodetabek. Semoga kota-kota lain bisa segera menyusul yaa.

Nubarnulisbareng/Ria Fauzie