Menjaga kewarasan ibu hamil di tengah wabah corona

Di tengah wabah pandemi covid 19 di indonesia menyebabakan keadaan baik bidang ekonomi, politik , pendidikan dan kehidupan masyarakat menjadi berubah 180 derajat. Roda ekonomi melambat, anak – anak terpaksa home learning dan perseteruan politik antar politikus. Terlebih dengan banyak berita yang berseliweran di media sosial dan cetak mengenai virus covid 19.

Terkhusus ibu hamil perlu mempersiapkan diri menghadapi perubahan ini, menyiapkan segala yang diperlukan baik psikis maupun materi. Kabar yang didapatkan dari berbagai media bahwa adanya 2 ibu hamil terinfeksi virus covid 19 membuat sebagaian ibu hamil mesti berhati – hati menjaga kesehatan baik secara fisik maupun psikis.

Dukungan dari keluarga ibu hamil sangat berpengaruh apda kesehatannya dengan menjaga kewarasannya dalam menghadapi wabah pandemi ini. Upaya preventif ( pencegahan ) salah satunya dengan pemberian informasi kesehatan khusus ibu hamil , adapun langkah – langkah yang bisa dilakukan oleh ibu hamil

  1. Memeriksakan diri pada bidan dan dokter kandungan secara berkala dan sesuai janji dengan bidan maupun dokter kandungan
  2. Mengkonsumsi vitamin penambah darah dan vitamin penunjang untuk perkembangan janin
  3. Menghindari kerumunan atau physical distancing serta social distancing
  4. Mencuci tangan baik setelah makan , minum, BAK dan BAB
  5. melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki di sekitar rumah dan yoga
  6. Mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah – buahan, protein nabati, sayuran hijau, kacang – kacangan maupun hewani serta minum susu khusus ibu hamil.

Upaya yang dapat dilakukan secara preventif menjaga kewarasan ibu hamil adalah mengingat bahwa wabah ini merupakan ujian dari Allah swt. Untuk itu senantiasa memohon ampunan dari-Nya , menjaga amalan nafilah dengan banyak berdzikir kepada Allah swt. serta menjaga emosi ibu hamil dengan senantiasa menyenangkan hatinya , mendukung hobi yang ditekuni dan disukainya, dukungan dari suami dengan senantiasa menemani ibu hamil di saat membutuhkan serta memberi ruang ibu hamil menyalurkan bakat yang dimilikinya seperti menulis, membaca , memasak dan sebagainya.

Dengan menjaga kewarasan ibu hamil , sebaiknya suami berperan menjadi sahabat dalam mencurahkan segala keluhan dan kekhawatirannya di tengah wabah covid 19.

One comment