mengenal tiktok lebih dekat

Mengenal TikTok Lebih Dekat

Apa nama akun TikTok kamu? Sudah buat video tentang apa saja?

Berbicara tentang TikTok tentu tidak ada habisnya. Mulai dari sisi positif, hingga sisi negatif. Namun, sebelum kita membahasnya, mari kita mengenali aplikasi ini.

TikTok adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Zhang Yiming. Yiming merupakan lulusan software engineering dari Universitas Nankai. Dia mendirikan perusahaan teknologi Byte Dance pada Maret 2012.

Awalnya, Byte Dance membuat aplikasi video pendek bernama Douyin yang diluncurkan pada September 2016. Dilansir dari kumparan.com, hanya dalam waktu satu tahun, Douyin memiliki 100 juta pengguna dan 1 miliar tayangan setiap hari. Douyin kemudian melebarkan sayapnya ke seluruh penjuru dunia dengan nama TikTok.

Apa sebenarnya yang menarik dari TikTok?

TikTok yang berfokus pada video pendek ini menyediakan waktu sekitar 15 detik. Pada waktu singkat tersebut, pengguna bisa dengan langsung mengidentifikasi konten pilihannya. Jika tidak menyukainya, mereka akan bisa langsung skip, sehingga tidak memakan banyak waktu.

Menurut cewekbaget.grid.id, Tik Tok menggunakan teknologi Al Lab dari Jinri Toutiao yang memiliki teknologi face recognition, body recognition, dan 3D rendering didukung oleh mesin dan pengenalan gambar yang inovatif. Termasuk juga ada full-screen sticker, dancing game, AR sticker, dan 3D coloring.

Pada tahun 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sempat memblokir aplikasi TikTok karena dianggap tidak mendidik. Namun, TikTok kembali diperbolehkan setelah pihak TikTok menaikkan batas usia minimumnya, dari 12 tahun menjadi 16 tahun.

Aplikasi TikTok semakin hari semakin berkembang. Melalui ragam video #Challenge-nya pengguna aplikasi ini kian hari semakin bertambah, bahkan telah banyak artis-artis terkenal, hingga para pejabat pemerintah yang ikut meramaikan dunia TikTok.

Selain untuk seru-seruan, belakangan ini TikTok ternyata juga digunakan sebagai media kampanye tentang Covid-19. Mulai dari video cara mencuci tangan yang baik, etika batuk, hingga cara mencegah penyebaran Covid-19 yang dipresentasikan oleh Benedetta Allegranzi, Technical Lead of Infection Prevention and Control WHO.  

Namun, dibalik sisi positifnya, tak sedikit juga yang menyalahgunakan aplikasi ini. Video-video pendek berbau pornografi dan kekerasan pun ikut meramaikan dunia TikTokers. Tentunya hal-hal seperti ini membuat resah para orang tua yang anak-anaknya ikut bermain TikTok.

Ibarat dua permukaan pada uang logam, masing-masingnya tidak dapat dipisahkan. Tinggal bagaimana pengguna TikTok menyikapinya. Apakah akan menggunakannya untuk hal-hal baik dan bermanfaat? Ataukah hal-hal yang mudarat?

“Social media is changing the way we communicate and the way we perceived, both positively and negatively. Every time you post a photo or update your status, you are contributing to your own digital footprint and personal brand.”  

Amy Jo Martin

Sumber referensi:

Umar, Rhendi (Ed). 2020. Sejarah Aplikasi Video TikTok, Diciptakan Oleh Pria Asal China, Bermula dari Ajang Seru-seruan. https://manado.tribunnews.com/2020/02/16/sejarah-aplikasi-video-tiktok-diciptakan-oleh-pria-asal-china-bermula-dari-ajang-seru-seruan?page=2. Diakses 20 Agustus 2020

Tanpa Nama. 2020. Ini Asal Muasal TikTok yang Kini Mendunia. https://kumparan.com/berita-hari-ini/ini-asal-muasal-tiktok-yang-kini-mendunia-1ss18QadAEN/full. Diakses 20 Agustus 2020

Sari, Indah Permata. 2018. Asal-usul Aplikasi Tik Tok dan Perkembangannya di Dunia. Wajib Tahu!. https://cewekbanget.grid.id/read/06893247/asal-usul-aplikasi-tik-tok-dan-perkembangannya-di-dunia-wajib-tahu?page=all. Diakses 20 Agustus 2020

Nubar-Nulis Bareng/Asri Susila Ningrum