MENGENAL SIFAT MANUSIA

Diantara mereka, tak satupun sama

Taukah anda bahwa sifat kita dibentuk oleh dua hal, yaitu gen dan lingkungan?

Lingkungan sehari-hari, pola asuh orang tua dari kecil, pertemanan dan pergaulan, mempengaruhi hingga 80% sifat kita sekarang.

Sedangkan 20% lagi sifat kita dipengaruhi oleh gen atau sifat bawaan dari lahir, yang murni dan tidak pernah berubah sepanjang hayat dikandung badan.

Itu sebabnya untuk mencapai hidup yang bahagia, manusia wajib mencari lingkungan hidup yang tepat (mendukung) sekaligus mencari tau ‘kesejatian’ dirinya. Tidak bisa satu sisi saja, namun kedua-duanya.

“Untuk apa mencari tau genetika kita, bukankah lingkungan memegang peranan lebih besar membentuk kepribadian kita?” Banyak yang bertanya demikian.

Walaupun lingkungan memegang peran besar, namun dalam diri kita tersimpan kekuatan yang jika kita mengerti dan optimalkan akan menuntun kita pada kehidupan sukses bahagia sekaligus mulia.

Selain itu, pikiran bawah sadar kita akan secara refleks (disadari ataupun tak disadari) selalu menuntun dan mengarahkan cara berpikir kita menyesuaikan sifat dari gen kita.

Lalu dimana bisa kita temukan sifat gen kita masing-masing? Kita bisa menemukannya di dalam kecerdasan otak kita yang paling dominan. Kecerdasan dominan itulah yang membawa sifat bawaan kita. Kita menyebutnya ‘kepribadian’.

Semakin seseorang mengenal kepribadiannya dan orang-orang terdekat, membawa dampak komunikasi yang jauh lebih mudah dan potensi hidup lebih harmonis, dikarenakan mengerti dan memahami bagaimana cara memperlakukan orang lain sesuai karakter mereka.

Sejak mengenal ilmu ini 2015 lalu, saya selalu ingin share kepada sebanyak mungkin orang, agar membantu mengerti dirinya dan keluarga lebih baik. Menghindari aneka kesalahpahaman, meminimalisasi stress dan bersikap coba-coba saat mengasuh anak, menjalin hubungan dengan pasangan maupun memilih jalan hidup.

Sudahkah anda mengenal kepribadian anda dan orang-orang tercinta dengan baik?

Renny Artanti
STIFIn Family & Business Trainer
Co Founder of Xcellence International Training