MENGATASI IDE MENTOK

MENGATASI IDE MENTOK

Menulis buku itu sangat mudah. Nggak percaya? Baca deh ulasan saya sebelumnya.

Insya Allah 9 langkah itu akan meng-guide teman-teman dalam menuliskan sebuah cerita hingga menjadi buku.

Terima kasih teman-teman sudah berkenan menyimak, mudah-mudahan ilmunya bermanfaat dan teman-teman bisa menerbitkan buku yang best seller. Aamiin.

By the way, ada pertanyaan nih, sebagai penulis pemula biasanya mendapatkan problem dengan ide mentok. Eh nggak hanya pemula sih menurut saya, yang sudah terbiasa menulis juga terkadang bisa juga mengalami ide mentok. Bedanya, kalau pemula saat ide mentok sudah kayak benang kusut, mood menghilang, dan tak sedikit yang akhirnya berguguran di medan perjuangan.

Nah untuk yang sudah terbiasa menulis, saat ide mentok di kanan dia akan mencari ilham ke kiri. Saat mentok di bawah dia akan mencari ide ke atas. Artinya, mentok di satu sisi bukan berarti menyerah tetapi menggali ide dari sisi yang lain.

Nah, ada tips keren nih dari Pak Deejay yang saya dengarkan melalui channel ini dalam salah satu materi “Cara Mudah menulis buku (part 2)”. Kata beliau kalau memang sudah mentok kuncinya tinggalkan. Saat mentok di naskah yang satu tinggalkan dulu. Beri waktu otak untuk refreshing, bisa dengan membaca buku, berkunjung ke perpustakaan, jalan-jalan (ini yang paling saya suka, ups!) atau bisa juga dengan mengerjakan naskah yang lain. Kemudian setelah fresh bisa kembali lagi mengerjakan naskah tersebut.

Pertanyaan berapa lama meninggalkan naskah itu? Sahabat, kata Pak Deejay, kapasitas tiap penulis berbeda. Ada yang bisa 1 hari, ada yang bisa 2 jam, ada juga yang bisa 1 minggu. Tapi jangan lebih dari satu minggu karena naskah bisa terlupakan.

Selain tips saat ide mentok ada tips lain yang tak kalah menarik. Apaan tuh? Wait, biar kalian dengar langsung dari pembicara yang keren langsung saja kunjungi chanel ini, jangan lupa klik jempol dan tanda loncengnya agar kalian tak ketinggalan materi kepenulisan yang lain.

Semangat untuk terus menorehkan kebaikan. Semoga apa yang kita tuliskan bernilai pahala di sisi Allah SWT dan menjadi wasilah yang menuntun kita menuju kebahagiaan di kehidupan  yang kekal abadi kelak.

_Wina Elfayyadh_

#Nubar
#NulisBareng
#Level3
#BerkreasiLewatAksara
#menulismengabadikankebaikan
#week3day3
#RNB016JABAR
#rumahmediagrup