Mengapa Patung liberty membawa buku dan obor?

Mengapa Patung Liberty Membawa Buku dan Obor?

Saat mengunjungi New York, memang tak lengkap rasanya jika tidak ke sungai Hudson untuk melihat patung Liberty. Udara dingin yang menusuk ketika musim salju di kota yang dijuluki Big Apple ini, ternyata tidak menyurutkan keinginan Arfan untuk melihat patung yang terkenal dari Amerika tersebut.

“Bunda, coba lihat! Patungnya bawa buku dan obor. Kenapa ya?” tanya Arfan.

Belum lagi ibunya menjawab, Arfan kembali bertanya, “Bunda kenapa patungnya berwarna hijau?”

“Begini Sayang ….” Penjelasan bunda terpotong oleh lanjutan pertanyaan Arfan yang lain.

“Tinggi banget, Bunda. Berapa tingginya? Arfan bisa ke atas sana, enggak?”

Mata anak laki-laki berbaju biru itu berbinar-binar, menunjukkan rasa ingin tahu yang besar. Betapa penasarannya ia ketika melihat patung Liberty secara langsung. Sebelumnya ia hanya membaca di buku, atau melihat di layar kaca.

Teman-teman, apakah juga penasaran tentang sejarah dan makna dari patung Liberty? Yuk, kita cari tahu bersama

Patung Liberty (gambar: pixabay)

Teman-teman, hayo tebak? Siapakah yang memiliki ide untuk membuat patung ini? Ide patung ini berasal dari Edouard Rene de Laboulaye Lefebvre yang merupakan sahabat presiden Amerika Serikat pertama, George Washington. Ia adalah seorang ahli hukum dan pemikir dari Perancis. Sebuah ide untuk membuatkan Amerika Serikat monumen dalam memperingati demokrasi di negara tersebut, selain itu juga sebuah harapan agar Perancis dapat ikut menjadi negara demokratis di dunia.

Perancang patung ini adalah Frédéric-Auguste Bartholdi yang dilahirkan pada tanggal 2 Agustus 1834 di Colmar. Ia dibantu oleh arsitek baja terkenal—perancang dan pembangun menara Eiffel, Alexandre Gustave Eiffel—untuk menyusun rangka dan tulang penyusun patungnya. Sedangkan pembuat fondasi berdirinya patung Liberty adalah Jendral Charles. P Stone, dengan arsitek seorang desainer terkenal New York, Richard Moris Hunt. 

Potongan patung Liberty yang terdiri dari 214 kotak kayu tiba di Pulau Bedloe (sekarang dinamakan Pulau Liberty) pada tanggal 15 Juni 1885. Namun, patung ini baru didirikan pada tahun 1886 dengan masa pendirian selama enam bulan.

Saat pertama kali dibuat patung Liberty merupakan patung yang terbuat dari tembaga. Kemudian, karena teroksidasi setiap hari, maka muncullah patina yang berwarna terang. Patina adalah partikel paling luar yang biasa terbentuk akibat oksidasi tembaga. Hingga akhirnya, patung Liberty berubah menjadi warna hijau yang cerah pada tahun 1906.          

Teman-teman, selain bentuknya yang indah, ternyata bagian-bagian patung Liberty memiliki makna-makna khusus, loh.

  • Tujuh ujung lancip pada mahkota patung Liberty

Tujuh ujung lancip yang ada pada mahkota patung ini mewakili dari tujuh samudra, dan tujuh benua. Hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan konsep universal kebebasan yang menjadi makna utama dari patung tersebut.

  • Sosok patung Liberty

Patung Liberty adalah gambaran sosok dewi kebebasan Romawi, wanita yang mewakili libertas.

  • Obor di tangan kanan

Obor yang ada di tangan kanan patung ini melambangkan pencerahan

  • Buku yang dibawa

Tangan kiri patung Liberty membawa sebuah tabula ansata dengan tulisan Romawi yang menggambarkan tanggal Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat, “JULY IV MDCCLXXVI” (Juli 4, 1776).

  • Posisi patung Liberty

Posisi patung yang menghadap ke tenggara bertujuan untuk menyambut para imigran yang datang.

Patung yang memiliki nama panjang “Liberty Enlightening the World” sebagai makna bahwa kebebasan Amerika yang mencerahkan seluruh dunia, merupakan kebanggaan rakyat Amerika Serikat sampai saat ini.

Nah, teman-teman, sudah terjawab ya pertanyaannya. Udara semakin dingin, Arfan sudah mulai bersin-bersin, sementara pipinya telah memerah. Padahal ia telah mengenakan jaket tebal. Kini, ia dan ibunya harus kembali ke hotel dan menyelesaikan jalan-jalannya.

Sumber:

Primadia, Adara. Tanpa Tahun. Sejarah Berdirinya Patung Liberty di Amerika Serikat. https://sejarahlengkap.com/dunia/sejarah-berdirinya-patung-liberty. Diakses 21 Juni 2020

Marliah, Siti. 2020. Bukan Dari Amerika! Ini 8 Fakta Mengejutkan Tentang Patung Liberty. https://www.idntimes.com/science/discovery/lia-89/fakta-patung-liberty-c1c2/8. Diakses 21 Juni 2020

Lampu Edison. 2019. Patung Liberty dan 5 Fakta Yang Disembunyikan. https://kumparan.com/lampu-edison/patung-liberty-dan-5-fakta-yang-disembunyikan-1r4kRFYeyE7/full. Diakses 21 Juni 2020

Nafisah, Sarah. 2019. Jadi Ikon Kota New York, Inilah 5 Fakta Menarik Patung Liberty. https://bobo.grid.id/read/081757472/jadi-ikon-kota-new-york-inilah-5-fakta-menarik-patung-liberty?page=all. Diakses 21 Juni 2020

Nubar-Tulis Bareng/ Asri Susila Ningrum