Mengapa Menara Pisa Miring?

Mengapa Menara Pisa Miring?

“Pizza, Ayah,” ujar Arfan.


“Pisa,” sahut ayah.


“Pizza,” timpal Arfan lagi.


“Ada apa ini? Kenapa ribut sekali?” tanya Bunda sembari menghampiri ayah dan Arfan.


Sebenarnya ayah dan anak itu tengah membaca majalah. Di salah satu halamannya terdapat gambar sebuah menara yang miring. Karena bentuknya yang tidak biasa, Arfan lalu menanyakan nama menara tersebut. Akan tetapi, ketika ayah menjawab Menara Pisa, Arfan malah protes. Ia mengira ayahnya salah mengucapkan “Pisa” yang sebenarnya “Pizza”.


“Bunda, mengapa menara Pisa itu miring?” tanya Arfan.

Menara pisa (sumber gambar: pixabay)


Teman-teman tahu Menara Pisa? Kenapa menara itu miring, ya?


Menara Pisa merupakan bangunan ketiga dari Campo dei Miracoli (Lapangan Pelangi) di Kota Pisa yang merupakan lonceng bagi kathedral. Keunikan dari menara ini adalah bangunannya yang berdiri miring ke arah tenggara.


Menara Pisa dibangun selama hampir 200 Tahun, dimulai pada 9 Agustus 1173. Awal pembangunan menara ini berjalan lancar. Namun pada 1178–saat pembangunan lantai kedua–mulai terlihat ada permasalahan pembangunan menara ini, yaitu bangunan menara yang miring.


Kenapa bisa miring, ya?


Teman-teman, ternyata menara Pisa dibangun di atas tanah yang komposisinya terdiri dari tanah liat, pasir halus, dan kerang, loh. Komposisi tanah ini disebabkan oleh kota Pisa terletak di antara sungai Arno dan Serchio.


Pembangunan menara ini sempat terhenti selama 100 tahun, saat terjadi perang antara Pisa melawan Genoa, Lucca, dan Florence. Setelah itu, pembangunan menara ini kembali dilanjutkan.


Ketika sedang dilakukan pembuatan lantai ketujuh, menara Pisa miring satu derajat ke arah selatan. Kemudian, pembangunan kembali dihentikan selama 100 tahun. Selama pembangunan terhenti, menara ini semakin miring 1,6 derajat ke selatan.
Akhirnya, pembangunan menara kembali dilanjutkan dan berakhir d tahun 1370.


Teman-teman tahu siapa arsitek menara Pisa?


Baru-baru ini para arkeolog di Universitas Pisa membuktikan identitas menara miring Pisa. Setelah melakukan penelitian, mereka percaya bahwa Bonanno Pisano lah yang ada dibalik menara ini.


Sebuah batu bertuliskan sebuah nama dalam bahasa latin di dasar menara ditemukan para peneliti selama penggalian tahun 1838. Tahun ini, para paleografi di Pisa akhirnya dapat menganalisa garis-garis yang terukir pada batu yang membuktikan bahwa Bonanno adalah arsitek menara.


Nah, teman-teman, kali ini kita sudah mengetahui tentang menara Pisa. Nantikan kelanjutannya di episode yang lain, ya.


Sumber:
Mulyana, Kalikautsar. 2016. Cerita Di Balik Menara Pisa. https://sains.me/cerita-dibalik-miringnya-menara-pisa/. Diakses 2 Mei 2020
Ashari, Avisena. 2019. Kenapa Menara Pisa Miring, ya? Apakah Sengaja Dibangun Seperti Itu?
https://bobo.grid.id/read/081743907/kenapa-menara-pisa-miring-ya-apakah-sengaja-dibangun-seperti-itu?page=all. Diakses 2 Mei 2020
Khairally, Tasya Elmy. 2019. Sempat Jadi Misteri, Arsitek Menara Pisa Akhirnya Dikonfirmasi. https://travel.detik.com/travel-news/d-4834905/sempat-jadi-misteri-arsitek-menara-pisa-akhirnya-dikonfirmasi. Diakses 2 Mei 2020