Mengapa Ada Jam Sebesar Itu?

Mengapa Ada Jam Sebesar Itu?

Arfan senang sekali karena kali ini ayah dan bunda akan mengajaknya jalan-jalan ke kota London, Inggris. Ia begitu antusias dan tidak sabar menunggu penerbangan besok.

“Sayang, jangan bawa banyak mainan. Bawa satu saja, ya.” Bunda mengeluarkan kembali aneka mainan yang Arfan masukkan ke dalam koper.

“Arfan enggak mau ninggalin semuanya, Bunda. Power Rangers, Ultraman, Bumble Bee, semua harus ikut,” rajuk Arfan.

“Sayang, kalau semua ikut nanti tasnya jadi penuh. Terus, pakaiannya mau ditaruh di mana?” tanya bunda.

Arfan tampak bimbang memutuskan harus membawa mainan yang mana. Akhirnya ia tidak membawa semuanya, malahan memilih untuk membawa jam tangan robot.

“Loh, kenapa kok malah jadi bawa jam tangan?” tanya bunda heran.

“Mau Arfan samain bentuk jamnya dengan Big Ben, Bunda,” jawab Arfan.

Bunda tersenyum melihat tingkah anak laki-lakinya itu.

Keesokan harinya, Arfan dan kedua orang tuanya menaiki pesawat. Di dalam pesawat, Arfan tampak sibuk mengotak-atik jam robotnya.

“Bunda, kenapa di London ada jam yang besar banget?” Pertanyaan Arfan membuat bunda terkejut. Sebenarnya bunda juga tidak mengetahui alasan dan sejarah Big Ben.

Teman-teman adakah yang tahu? Yuk kita simak penjelasan berikut!

Big Ben, atau The Clock Tower (sebutan warga Inggris pada bangunan ini) berada di sebelah utara Istana Westminster, London, Britania Raya. Jam raksasa ini memiliki nama resmi Elizabeth Tower yang diberikan pada tahun 2012. Penamaan ini dilakukan dalam rangka memperingati 60 tahun Ratu Elizabeth menduduki tahtanya.

Big Ben dan Istana Westminster (gambar: pixabay)

Teman-teman, menara jam yang menjadi simbol kerajaan Inggris ini diselesaikan pembangunannya pada tahun 1858. Wah, sudah lama, ya? Kalau dihitung sudah berapa ratus tahun, ya, ia berdiri?

Istana Westminster mengalami kehancuran akibat kebakaran hebat yang terjadi di suatu malam, pada 16 Oktober 1834. Kemudian, tak lama setelah itu Charles Barry membuat rencana pembangunan istana baru, lengkap dengan menara jam besar di sebelahnya. Barry menjadi kepala arsitek pembangunan istana Westminster yang baru. Namun, ia banyak berkonsultasi dengan Augustus Pugin tentang desain menara jam.

Tahukah teman-teman? Ternyata desain menara jam ini menjadi karya terakhir Pugin sebelum ia menjadi gila, lalu meninggal dunia.

Dilansir dari sejarahlengkap.com, Pugin menulis dalam catatannya saat kunjungan terakhir Barry untuk mengambil desain menara jam: “aku belum pernah bekerja sekeras ini dalam hidupku untuk Tuan Barry, demi menyelesaikan pekerjaanku besok untuk pembuatan menara jamnya yang indah.”

Tinggi menara jam bergaya Gothic Victoria ini adalah 96 meter. Dari bawah muka jam, menara ini dibuat oleh susunan bata yang berlapis batu sepanjang 61 meter. Sedangkan bagian puncak menara ditopang oleh rangka besi yang terbuat dari besi leleh. Luas tanah  tempat ia berdiri berukuran 15 meter kali 15 meter.

Pondasi untuk menopang bobot menara terbuat dari beton dengan tebal 3 meter, dan memiliki kedalaman hingga 4 meter di bawah permukaan tanah. Muka jam terbuat dari rangka besi berdiameter 7 meter menopang 312 keping kaca berbentuk opal. Beberapa keping kaca bisa dicopot untuk perawatan. Bagian luar muka jam dibuat dari bahan berlapis emas.

Kalau kita perhatikan, di setiap bagian muka jam terpahat tulisan latin bertuliskan

DOMINE SALVAM FAC
REGINAM NOSTRAM
VICTORIAM PRIMAM

Tulisan latin itu memiliki arti, “Oh Tuhan, lindungilah Ratu Victoria Pertama”.

Kenapa menara jam ini disebut Big Ben? Mengutip dari his-trave.co.id, Big Ben ini diambil dari nama kepala dinas pekerjaan umum London bernama Sir Benjamin Hall saat jam itu dibuat. Namun, versi lain mengatakan jika nama Big Ben diambil dari nama seorang petinju kelas berat saat itu bernama Benjamin Caunt. Nama itu diambil karena Benjamin adalah orang berperawakan tinggi dan besar sama seperti jam Big Ben.

Nah, teman-teman, kita sekarang sudah mengenal tentang menara jam London ini. Yuk, kita ikut melihat si Big Ben bersama Arfan dan keluarganya.

Sumber:

Primadia, Adara. Tanpa tahun. Sejarah Big Ben London. https://sejarahlengkap.com/bangunan/sejarah-big-ben. Diakses 5 Juli 2020

HIS Travel. 2019. Sejarah dan Cara Mnikmati Keindahan Wisata Big Ben London. https://www.his-travel.co.id. Diakses 5 Juli 2020

Nubar-Nulis Bareng/Asri Susila Ningrum