Manfaat Jamu Kunyit Asam

Sumber: Koleksi Pribadi

Jamu adalah minuman tradisional yang diolah dari rempah-rempah yang ada di Indonesia. Ada beberapa jenis jamu, diantaranya jamu kunyit asam, temulawak, pahitan, beras kencur, dll. Semua jenis minuman tersebut diracik sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa yang pas bagi para penggemarnya.

Jamu kunyit asam merupakan jamu yang paling banyak peminatnya. Seperti namanya, jamu ini terdiri dari kunyit, asam jawa, gula merah dan sedikit garam. Kunyit mempunyai senyawa antioksidan dan vitamin c yang tinggi, asam jawa memberikan rasa asam nan segar di tenggorokan, gula merah untuk menambahkan rasa manis pada minuman jamu dan garam dapat memunculkan ‘rasa’ dari setiap bahan tersebut.

Jamu sangat baik dikonsumsi setiap hari. Saya sudah mengonsumsi jamu kunyit asam sejak dua tahun yang lalu. Awalnya, saya hanya iseng-iseng mencari di internet tentang manfaat kunyit bagi tubuh. Lalu saya tertarik untuk meracik sendiri jamu kunyit asam. Bahan-bahannya sangat mudah ditemui di pasar tradisional dan harganya cukup terjangkau.

Berikut beberapa manfaat jamu kunyit asam yang saya rasakan:

1. Badan terasa lebih fit dan pikiran lebih mudah fokus.

2. Penglihatan semakin jelas dan silau lampu dari kendaraan lain (saat berkendara di malam hari) mulai berkurang.

3. Proses metabolisme lancar.

4. Kulit terasa lebih halus dan bekas luka perlahan-lahan menghilang.

Demikian beberapa manfaat yang saya rasakan setelah meminum jamu kunyit asam. Semoga minuman tradisional ini bisa terus terjaga dan semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya.

nubarnulisbareng/novalina saragih