LULLABY

Adalah hal yang wajar apabila seorang ibu menyanyikan lagu pengantar tidur untuk anaknya, terutama yang masih bayi. Lagu yang dipilih biasanya dengan irama mendayu agar sang bayi datang kantuknya.

Di Indonesia, umumnya menggunakan lagu Nina Bobo. Hampir semua sudah hapal dengan syairnya.

Nina bobo, ooo nina bobo.

Kalau tidak bobo digigit nyamuk.

Kurang lebih seperti itu, walaupun ada syair versi lengkapnya.

Aku sendiri agak kurang nyaman dengan syairnya. Namun aku merasa perlu, mendendangkan lagu pengantar tidur untuk anakku yang masih bayi. Rasanya ada kenikmatan tersendiri, ketika menggendong bayi lalu kita nyanyikan lagu dan bayi bisa tertidur. Walau sebenarnya kurang jelas juga, bayi tertidur karena lagu atau karena ayunan saat digendong.

Akhirnya dengan sedikit improvisasi, aku mengarang sendiri lullaby untuk anakku. Lagunya berisi doa dan harapanku. Nada yang dipilih tetap dengan irama mendayu karena aku takut jika dengan irama menghentak, malah membuat anakku batal tidur.

Syairnya tidak panjang, kadang malah aku tambahkan lagi di belakangnya sesuai mauku apa saat itu atau sedang mendoakan apa untuk anakku. Syair utama lullaby versi Mama Ria adalah sebagai berikut :

Raisa Sabha Fawwazah.

Cantik, pintar, dan sholehah.

Raisa Sabha Fawwazah.

Baik hati, pandai mengaji.

Ya, sangat jelas harapanku sebagai seorang ibu. Kadang aku tambahkan, disayang teman, rajin salat, penyejuk hati orang tua, dan lain sebagainya. Tentu saja besar harapanku, semua doa dalam lullaby itu dapat dikabulkan Allah SWT. Kalau anda, apa lagu pengantar tidurnya untuk ananda tercinta?

Nubarnulisbareng/Ria Fauzie