Luka Batin Penyebab Kegagalan

Puji Tuhan sampai saat ini selalu ada yang konseling denganku. Dari masalah penyakit, masalah ekonomi dan masalah keluarga. Selidik punya selidik akar permasalahannya dari luka batin masa kecil.

Luka batin selalu terbawa oleh perjalanan waktu. Tidak mungkin saat terluka, kita berhenti dari roda kehidupan. Hidup akan terus berputar.

Sumber foto: Google edit by Meitu

Itulah sebabnya banyak orang tergilas oleh waktu dan meledaknya luka batin tidak menentu kapan. Luka fisik kalau disentuh pasti sakit, demikian pula dengan luka batin. Sayangnya banyak orang tidak tahu, bahkan sudah tahu pun, malas untuk menjalani proses pemulihannya.

Kata guruku, seorang Trauma Healing Therapist kita harus Kupas Bawang sampai menangis. Hati harus mau dibongkar, karena kalau dibiarkan akan melukai orang lain juga. Dengan bongkar hati, kita sadar bahwa memang kita sedang terluka dan sakit kalau tersentuh.

Dengan kesadaran penuh, kita tahu bagaimana mengatasinya. Bukan lari dari kenyataan, akhirnya luka batin itu semakin membusuk dan penyebab kegagalan dalam bidang apapun. Seperti bom bunuh diri, luka batin itu bisa meledak dan menghancurkan segalanya.

Lebih baik kita susah sekarang untuk memulihkannya, daripada luka batin itu muncul justru disaat kita sudah sukses dan hancur oleh hal sepele. Aku selalu mengingatkan bagi semua teman-temanku untuk membongkar hati dari sekarang.

Aku sudah merasakan betapa indahnya hidup ini kalau sudah sembuh dari luka batin. Pastinya akar-akar kepahitan masih tetap ada dan kita harus tekun mencabutnya, supaya tidak tumbuh besar lagi. Lebih baik susah sekarang daripada nanti.

Cara pemulihan luka batin terbaik:

1. Mindfulness: Sadar bahwa kita terluka. Mulai berdamai dengan diri dengan cara meditasi.

2. Acceptance: Menerima keadaan terluka dan menerima sikap orang lain terhadap kita

3. Inner Child Healing: Saat kita kesulitan menerima ledakan emosi kita sendiri, bicara dengan diri sendiri masa Inner Child. Seperti mengasuh anak kecil yang rewel.

Itulah cara yang dahsyat bagiku. Resep jitu dari guruku untuk memulihkan luka batin. Terus kita berproses dengan ketiga cara itu. Semoga bermanfaat buat semua pembaca. Selamat berproses!

The Power of Thinkingđź’–

The Power of Forgivenessđź’–

Wenny Kartika Sari

One comment