Berjalan-Jalan Di KOTa Pompeii. Mengapa kota pompeii pernah hilang?

BERJALAN-JALAN DI KOTA POMPEII. MENGAPA KOTA POMPEII PERNAH HILANG?

“Ke mana tujuan kita, Pak?” tanya bunda pada seorang pemandu wisata.

Saat ini Arfan dan keluarganya sedang berjalan-jalan di Napoli, Italia. Kota yang terkenal dengan es krim Neapolitano ini menawarkan beberapa tempat menarik. Di hari itu sang pemandu mengajak untuk mengunjungi Pompeii, sebuah kota peninggalan zaman Romawi.

Untuk sampai di Pompeii dari Napoli, Arfan dan keluarganya menaiki kereta Circumvesuviana dari Napoli Central ke arah Sorrento dengan tiket seharga 3 Euro sekali jalan. Kereta ini selalu tersedia setiap 30 menit sekali. Perjalanan ini akan memakan waktu kira-kira 36 menit. Kemudian, mereka harus turun di stasiun Pompei Scavi dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju ke pintu gerbang memasuki kawasan Kota Kuno Pompeii.

“Kota apa ini, Bunda?” tanya Arfan.

“Ini kota Pompeii, Sayang,” jawab bunda.

Salah Satu Sudut Kota Pompeii (gambar: pixabay)

Kali ini mereka tengah menyimak sang pemandu wisata yang menjelaskan bagian-bagian yang akan dikunjungi di Pompeii, di antaranya adalah Teater besar dan Odeon, Taman para pelarian, Amphiteatre, Praedia Giulia Felice, House of The Faun, Villa Misteri, Basilica, Sanctuary of Venus (Kuil Venus), dan Lupanar. Wah, banyak sekali yang akan dikunjungi, untung bunda sudah membawa bekal makanan yang dibeli di Sorrento, pikir Arfan.

Teman-teman tahu sejarah kota Pompeii? Sebelum melanjutkan jalan-jalan, yuk kita cari tahu dulu.

Pompeii merupakan sebuah kota pada zaman Romawi Kuno yang berada di lembar Gunung Vesuvius. Luas wilayah Pompeii terbilang cukup besar dengan lahan pertanian yang subur.

Teman-teman, ternyata Kota Pompeii dahulunya merupakan pusat rekreasi dan bisnis yang makmur, loh. Dilansir dari phinemo.com, “Berdasarkan catatan arkeologi, Pompeii mulai terlihat sebagai kota maju yang terkenal pada abad ke-6 Masehi. Eksistensi Pompeii sebagai kota maju ditunjukkan dengan keterlibatan dalam peperangan melawan kekaisaran Roma. Pompeii dan Roma lalu menjalin koloni dengan nama Colonia Cornelia Veneria Pompeianorum. Sebagian besar penduduknya adalah orang-orang Osci atau Oscan yang bersal dari Italia tengah.”

Gempa bumi yang hebat sempat merusak kota Pompeii pada tahun 62 M. Namun, setelah dibangun kembali dengan lebih megah, pada tahun 79 M Gunung Vesuvius mengalami erupsi hebat dan berhasil menimbun kota ini hanya dalam satu malam saja. Penduduknya tertimbun dan mengeras di bawah lava dan abu vulkanik. Kota ini hilang selama 1.600 tahun sebelum ditemukan kembali dengan tidak sengaja.

Pompeii juga terkenal dengan sejarahnya yang kelam. Dari catatan sejarah, Kota Pompeii adalah pusat kemaksiatan dan kemungkaran yang dipenuhi oleh lokasi perzinaan dan pelacuran. Di balik itu semua, kita bisa melihat kebesaran dan kekuasaan Tuhan. Pompeii menjadi saksi yang mengabarkan pada dunia untuk tidak melanggar segala ketentuan  dari Sang Pencipta.

Nah, teman-teman sudah tahu alasan mengapa kota Pompeii pernah hilang, kan? Sekarang bunda dan ayah sudah membeli tiket masuk. Yuk, kita mulai menjelajahi kota Pompeii.

Sumber:

Rohman, Taufiqur. Tanpa tahun. Sejarah Kota Pompeii, Tempat Maksiat Yang Diazab Oleh Murka Tuhan. https://phinemo.com/sejarah-kota-pompeii-tempat-maksiat-yang-diazab-oleh-murka-tuhan/. Diakses 28 Juni 2020

Tanpa Nama. 2019. Jalan-jalan Ke Pompeii, Kota Yang Hilang Dari Peradaban. https://techraveller.com/jalan-jalan-ke-pompeii-kota-yang-hilang-dari-peradaban/. Diakses 28 Juni 2020

Nubar-Tulis Bareng/Asri Susila Ningrum