Kenapa Paris Punya Menara Eiffel?

Kenapa Paris Punya Menara Eiffel?

Arfan sedang bermain menyusun puzzle peta dunia bersama ayahnya. Saat akan meletakkan potongan peta negara perancis, tiba-tiba Arfan bertanya, “Ayah, mengapa Paris punya Menara Eiffel?”


Apakah teman-teman juga penasaran seperti Arfan? Yuk, kita simak penjelasan berikut!

Apa itu Menara Eiffel?
Menara Eiffel adalah menara besi yang dibangun di Champ de Mars, di tepi Sungai Seine, Paris. Menara ini merupakan ikon global negara Perancis.

Sejarah Menara Eiffel
Menara Eiffel dirancang dan dibangun oleh perusahaan Gustave Eiffel–Compagnie des Établissements Eiffel. Pada 31 Maret 1889, Menara Eiffel diresmikan di Paris dalam sebuah upacara meriah. Acara tersebut dihadiri oleh Perdana Menteri Perancis, Pierre Tirard, beberapa pejabat pemerintahan dan 200 pekerja konstruksinya.


Menara ini berhasil menarik perhatian saat event 6 Mei 1889 World Fair di Paris. Melalui acara internasional itu, Perancis ingin menunjukan bangunan ikonik miliknya sebagai destinasi wisata yang baru dibuka enam hari sebelumnya.


Setelah 20 tahun berdiri, tepatnya pada tahun 1909, Menara Eiffel seharusnya dirubuhkan. Namun, karena menara ini memiliki antena radio yang berguna, akhirnya pemerintah Paris mengurungkan niatnya.


Menara Eiffel pernah dinobatkan sebagai bangunan tertinggi di dunia selama 41 tahun. Sampai pada tahun 1930, rekor itu pecah ketika Menara Chrysler di New York dengan ketinggian 319 meter selesai dibangun.


Menara ini memiliki desain arsitektur yang menarik. Terdapat dua puluh ribu bola lampu yang menyelimutinya dan menyala saat malam hari. Lampu-lampu itu akan menyala selama lima menit setiap satu jam sekali.


Terdapat tiga observatorium,  57 meter dari atas dek observasi pertama, 115 meter dari atas dek observasi kedua dan 274 meter dari atas dek observasi ketiga. Kita bisa berjalan ke Observatorium ke-2 dengan menaiki 704 anak tangga, tapi Observatorium ke-3 hanya bisa dicapai denga lift.


Teras yang terletak di Trocadero ini merupakan pemandangan terbaik Menara Eiffel dari depan. Trocadero Square dengan tamannya yang spektakuler dengan air mancur yang berwarna-warni menyebar ke dasar Menara Eiffel. Air mancur dibawah trocadero menambah keindahan pemandangan menara ini dari Trocadero square

Menara eiffel (gambar: pixabay)

Manfaat Menara Eiffel
Menara Eiffel menjadi salah satu tempat wisata populer di dunia. Ia memiliki manfaat yang cukup penting di dunia sains dan teknologi. Stasiun televisi dan radio masih menggunakan menara ini untuk memancarkan sinyal mereka.

Menurut The Verge, dua turbin angin juga dipasang di menara Eiffel. Turbin angin ini menyediakan listrik yang cukup bagi kawasan di sekitar menara juga sebagai simbol energi ramah lingkungan.


Selain kegunaan dalam bidang ilmu dan teknologi, menara ini juga menjadi simbol cinta di dunia. Banyak pasangan-pasangan yang berfoto dengan latar belakang Menara Eiffel, dan menjadi salah satu tempat melamar yang romantis di dunia.

Nah, sekarang teman-teman sudah tahu tentang Menara Eiffel, bukan? Apa kalian ingin melihat langsung? Jika kalian ingin menyaksikan kemegahannya, tentu teman-teman harus datang ke sana.

Sumber:
Aris. 2015. 5 Fakta Menara Eiffel. https://nationalgeographic.grid.id/read/13297967/5-fakta-menara-eiffel. Diakses 23 April 2020
Pratama, Nanda Aswab. 2019. Hari Ini Dalam Sejarah: Saat Menara Eiffel Dipamerkan Kepada Dunia …. https://internasional.kompas.com/read/2019/05/06/11021261/hari-ini-dalam-sejarah-saat-menara-eiffel-dipamerkan-kepada-dunia?page=1. Diakses 23 April 2020
Putri, Maulita Virginia. 2019. 10 Fakta dan Sejarah Menara Eiffel Yang Perlu Diketahui. https://travel.detik.com/travel-news/d-4610012/10-fakta-dan-sejarah-menara-eiffel-yang-perlu-diketahui. Diakses 23 April 2020
Tanpa Nama. 2015. Menara Eiffel=Perempuan Besi. https://www.obonparis.com/id/magazine/eiffel-tower-the-iron-lady. Diakses 23 April 2020

Nulisbareng/Asri Susila Ningrum