KEMPING

ANOTHER STORY TO TELL PART 6

Masih mau cerita soal kemping. Kali ini ada yang berbeda. Ada kakak senior saat kuliah dulu, ingin ikut kemping juga.

Setelah menentukan lokasi tujuan, kami mengabarkan ke kakak senior, uni Lia, lokasinya. uni Lia memilih menyusul saja bersama keluarganya. Repot urus anak-anak katanya.

Seperti biasa, pagi kami memasang tenda. Kali ini plus satu tenda besar untuk uni Lia. Kabarnya dia akan datang dalam jumlah besar.

Menjelang siang uni Lia datang. Tak disangka, uni Lia membawa serta ibunya dan keponakannya, selain suami dan anak-anaknya. Anak-anak langsung bergabung bermain, di mana lagi kalau bukan di sungai.

Andung, begitu kami memanggil ibunya uni Lia, membuka perbekalannya. Wow, ada rendang, telur balado, ayam goreng! Luar biasa, seharusnya kami tak perlu membawa bahan makanan mentah karena ini sudah sangat lengkap.

Kami sempat khawatir kalau andung kurang kerasan kemping. Ternyata andung pandai mengobrol, beliau bisa ikut asyik berbaur bersama kami. Kadang menceritakan pengalamannya di masa muda dulu.

Malam hari pun tiba, dingin menusuk mulai terasa. Ketika api unggun mulai padam, kami pun beranjak menuju tenda masing-masing untuk beristirahat.

Cuaca cerah di pagi hari, membuat anak-anak bersemangat untuk bermain lagi di sungai. Sayang, keluarga uni Lia harus berkemas lebih dulu. Salah seorang anaknya ada yang harus diantar ke pesantren.

Setelah sarapan lalu berlanjut dengan foto-foto, keluarga uni Lia pun berpamitan. Kalimat perpisahan yang diucapkan andung, sungguh di luar dugaan.

“Nanti ajak lagi ya kalau mau kemping?” begitu pintanya.

Serius Andung? Gak kapok?”

“Ah tidaklah, ini sangat menyenangkan!” seru andung.

Membuat kami takjub. Biasanya di usia lanjut akan sedikit rewel dengan keadaan yang seadanya. Toilet yang jauh, udara yang dingin, alas tidur yang keras, kadang ada batu² yang menonjol.

Sehat-sehat ya andung. Semoga ada kesempatan lagi untuk kemping bersama. Alhamdulillah kalau saat bersama kami menjadi saat yang menyenangkan.

Nubarnulisbareng/Ria Fauzie