KAPANKAH CORONA BERAKHIR

Ketika ada pertanyaan kapan corona berakhir sungguh hati saya percaya bahwa corona suatu saat nanti akan berlalu. Namun kapan? Itu yang saya tidak tahu. Saat membaca berita bahwa 7 negara di dunia telah melewati puncak pandemi, saya kembali optimis wabah ini tak lama lagi akan pergi. Namun perasaan optimis saya terganggu dengan realita yang terlihat di sekeliling lingkungan. Betapa masyarakat banyak berkumpul di diluar tanpa menerapkan aturan menggunakan masker dan jaga jarak. Saya bisa pahami di hari-hari terakhir pada bulan Ramadhan tentunya kebutuhan menyambut hari Raya Idul Fitri meningkat yang mengharuskan mereka keluar rumah.

Meski demikian mestinya disadari bahwa Bulan Ramadhan ini berbeda, perayaan Idul Fitri kali ini tidak akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Siapa yang tahu wabah se dahsyat ini akan melanda negara kita dan hendaknya kita menerima keadaan ini dengan menaati peraturan pemerintah.

Selama beberapa bulan dalam rumah, ruang gerak terbatasi, bisa jadi membuat seseorang depresi. Namun jika disyukuri dan berprasangka baik, bahwa tidak semata-mata pandemi mengunjungi kecuali kita harus kembali kepada Ilahi, maka segala gundah dihati akan kembali suci.

Dilansir dari media online Kompas.com tertanggal 28 April 2020 mengabarkan bahwa Ilmuwan dari Universitas Teknologi dan Desain Singapura (SUTD) memprediksi wabah Covid-19 di Indonesia sedang memasuki masa puncak dan akan berakhir pada Juni 2020. Prediksi yang dibuat oleh Laboratorium Inovasi Berbasis Data (DDI SUTD) itu ditampilkan di situs resminya dengan judul “Kapan Covid-19 Berakhir?”. Dipaparkan dalam situs tersebut, Indonesia sedang berada di periode puncak Covid-19 sejak tanggal 19 April 2020. Sementara itu, pandemi di Tanah Air diprediksi 97 persen berakhir pada 4 Juni 2020 dan 99 persen berakhir pada 20 Juni 2020.

Namun dalam  berbeda dengan yang disampaikan website https://health.grid.id/ yang mengatakan bahwa hasil Riset SUTD menunjukkan, wabah virus corona di Indonesia berakhir 7 Oktober 2020. SUTD merupakan salah satu universitas ternama di Singapura, yang berfokus pada kajian studi teknologi dan desain. Hasil risetnya diungkap di situs web ddi.sutd.edu.sg, dengan update terakhir pada 5 Mei 2020. “Situs ini menyediakan pemantauan prediktif berkelanjutan Covid-19 sebagai pelengkap pemantauan tradisional atau praktik prediksi tradisional,” demikian keterangan yang tertera di bagian pengenalan.

Dari berita diatas ternyata para peneliti pun masih belum yakin kapan corona berkahir. Apakah benar akan berakhir sesuai prediksi para ilmuan? Hanya Allah SWT yang Maha Tahu. Tugas kita sebagai manusia hanya berusaha. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, menjaga imunitas diri dengan asupan gizi, meningkatkan keimanan dengan senantiasa berdoa. Memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak dengan orang lain, tidak berkerumun, sering cuci tangan dengan sabun dan tinggal di rumah. Jika ini serempak dilakukan oleh semua masyarakat dengan keikhlasan dan kepahaman, insyaAllah pandemi akan segera pergi dari bumi pertiwi.