JEJAK PANDEMI (PART 8)

Jejak Pandemi (Part 8)

_𝓢𝓮𝓫𝓾𝓪𝓱 𝓒𝓪𝓽𝓪𝓽𝓪𝓷 𝓓𝓪𝓵𝓪𝓶 𝓟𝓮𝓻𝓳𝓪𝓵𝓪𝓷𝓪𝓷_

Hai teman-teman, saya lanjutkan lagi ya ceritanya. saya masih belum puas dengan ilmu yang diterima di kelas ekslusif, jadi bismillah saya lanjut di kelas eksekutif.

Sebelum memulai materi, seperti biasa coach Moerdiono memberikan materi tambahan. Senengnya belajar di kelas ini, beliau itu tidak pelit dan tidak perhitungan dengan ilmu. Apa saja yang kami tanyakan selalu dijawab dan jawabannya itu merupakan ilmu baru buat saya.

Seperti materi ini, kami diajarkan materi dasar membuat media pembelajaran. Boleh lihat tutorial nya di link berikut ya. Setelah itu kami mempraktekan pembuatan absen siswa melalui google form. Nah, ini juga bermanfaat sekali dalam masa pandemic kayak gini terutama untuk para guru.

Oke, lanjut ya, materi berikutnya adalah cara membuat sebuah gambar menjadi sebuah video yang bergerak. Saat itu kami diminta menyiapkan foto pemandangan (terutama yang ada gambar langitnya) atau gambar laut. Berhubungan clue-nya dari gambar akan dibuat menjadi video yang bergerak jadi saya menyiapkan gambar laut.

Setelah selesai kami diminta mendownload aplikasi yang bernama zootropic. Kalau mau ikutan download silakan melalui link berikut ya.  Setelah memastikan kami menyiapkan foto dan mengunduh aplikasi, barulah tutorialnya dikirimkan. By the way, gambar yang sudah diubah menjadi video bisa ditambahkan backsound juga lho, lihat saja tutorialnya.

Saran saya, kalau video yang teman-teman buat mau di-upload di Instagram atau FB sebaiknya backsound ditambahkan dari kinemaster saja, soalnya saya pernah coba pake backsound suara dari zootropic begitu upload langsung ada warning dan video tidak bisa dibuka alias diblokir.

Taraa … Inilah hasil video yang saya buat. Tapi maaf ya bisa dilihat melalui link ini saja, karena sudah berusaha upload langsung di sini gagal terus.

By the way, setelah berhasil membuat sebuah gambar menjadi bergerak, kami diajarkan juga cara membuat video animasi. Namun, berhubung saya mau menuntaskan pekerjaan di sekolah dulu jadi teknik pembuatan video animasi saya lanjut di tulisan berikutnya ya.

Selamat mencoba!
Semoga bermanfaat.

_Wina Elfayyadh_

#Nubar
#NulisBareng
#Level2
#BerkreasiLewatAksara
#menulismengabadikankebaikan
#week1day2
#RNB016JABAR
#rumahmediagrup