JEJAK PANDEMI (PART 7)

JEJAK PANDEMI (PART 7)

_𝓢𝓮𝓫𝓾𝓪𝓱 𝓒𝓪𝓽𝓪𝓽𝓪𝓷 𝓟𝓮𝓻𝓳𝓪𝓵𝓪𝓷𝓪𝓷_

Dalam proses edit video dalam aplikasi kinemaster, ada salah satu tools yang bernama kunci kroma. Seperti yang terlihat dalam gambar di bawah ini.

Kunci kroma adalah teknik untuk menggabungkan dua gambar atau bingkai (frame), sebagaimana sebuah warna atau beberapa warna dari gambar dihilangkan/dibuat tembus pandang agar gambar lain yang terletak di belakang dapat terlihat.

Jadi fungsi tools ini adalah untuk membuat objek terlihat tembus pandang dan menyatu dengan backgroundnya. Nah, pertanyaan kenapa objeknya harus berlatar warna hijau? Apa tidak bisa menggunakan warna lain?

Gara-gara tugas ini saya jadi nyari tahu juga apa itu teknik green screen. Ini hasil googling sih hehe, katanya green screen adalah sebuah layar berwarna hijau yang digunakan sebagai latar belakang atau background dalam proses pengambilan gambar atau video. Teknik ini merupakan salah satu teknik efek visual (visual effect) untuk menggabungkan dua gambar ke dalam satu frame.

Kenapa harus warna hijau, karena warna hijau merupakan warna yang tidak dimiliki sama sekali oleh pigmen tubuh manusia. Sebenarnya bisa kok pake warna merah, biru atau warna lain tapi warna hijaulah yang paling efektif.

Nah, para editor video bisa mengganti background dengan efek apa pun yang mereka inginkan baik yang tersedia dari aplikasi atau di luar aplikasi. Inilah yang disebut dengan chroma key atau kunci kroma.

Kunci kroma akan memberikan efek seolah-olah dua gambar yang digabungkan seolah-olah ada dalam satu frame yang sama. Teknik ini digunakan juga dalam proses pembuatan sebuah film. Saya jadi tahu ternyata shooting film itu tidak harus di laut atau di gunung yang sesungguhnya, bisa cukup dengan menggunakan green screen yang lebar. Kalau ga percaya silakan lihat tayangan berikut.

Oh iya, tips lagi dari coach, kalau mengambil background video dari YouTube, selain nyari yang free, usahakan backsound-nya jangan dipakai, lebih baik ambil sound yang ada di KINEMASTER agar tidak kena copyright atau hak cipta.

By the way, saya punya cerita saat mengerjakan tugas akhir ini. Saya kesulitan mencari background warna hijau karena dinding rumah maupun asrama warnanya bukan hijau. Ada sih dinding hijau tapi di posko pemakaman yang berlokasi di perbukitan sebelah timur asrama. Masa iya saya harus shooting video di kuburan, hahaha. Akhirnya saya pake seprai warna hijau yang kebetulan ditemukan di lemari asrama buat latar video yang saya buat.

Sebagai penutup dari kelas ekslusif kami diajarkan cara membuat grup whatsapp. Berikut tutorialnya. Sebenarnya ini bukan hal yang baru tapi karena permintaan ibu-ibu (terutama yang berusia 50 tahun ke atas) jadilah ini sebagai materi bonus.

And finally, dengan keluarnya sertifikat di atas saya dinyatakan lulus di kelas ini. Alhamdulillah. bermanfaat. Pokoknya seru banget belajarnya. Kalau lagi penat bisa iseng-iseng buka kinemaster dan ngotak-ngatik tools yang ada di sana.

Insya Allah ilmunya akan sangat bermanfaat.

Eh, tapi saya masih belum puas lho, masih ada cerita seru lainnnya, insya Allah lanjut di tulisan berikutnya ya.

_𝓦𝓲𝓷𝓪 𝓔𝓵𝓯𝓪𝔂𝔂𝓪𝓭𝓱_

#Nubar
#NulisBareng
#Level1
#BerkreasiLewatAksara
#menulismengabadikankebaikan
#week4day2
#RNB016JABAR
#rumahmediagrup