JEJAK PANDEMI (PART 6)

JEJAK PANDEMI (PART 6)

𝓢𝓮𝓫𝓾𝓪𝓱 𝓒𝓪𝓽𝓪𝓽𝓪𝓷 𝓟𝓮𝓻𝓳𝓪𝓵𝓪𝓷𝓪𝓷

Hmmm …

Saya tahu, ada yang nungguin lanjutan ceritanya ya, hayo ngaku! 😁

𝙽𝚊𝚑, 𝚔𝚊𝚕𝚒 𝚜𝚎𝚝𝚎𝚕𝚊𝚑 𝚍𝚒𝚝𝚞𝚐𝚊𝚜𝚔𝚊𝚗 𝚞𝚗𝚝𝚞𝚔 𝚖𝚎𝚗𝚢𝚒𝚊𝚙𝚔𝚊𝚗 2 𝚟𝚒𝚍𝚎𝚘, 𝚖𝚊𝚝𝚎𝚛𝚒 𝚜𝚎𝚕𝚊𝚗𝚓𝚞𝚝𝚗𝚢𝚊 𝚊𝚍𝚊𝚕𝚊𝚑 𝚖𝚎𝚖𝚘𝚝𝚘𝚗𝚐 𝚋𝚊𝚐𝚒𝚊𝚗 𝚟𝚒𝚍𝚎𝚘 𝚢𝚊𝚗𝚐 𝚝𝚒𝚍𝚊𝚔 𝚍𝚒𝚒𝚗𝚐𝚒𝚗𝚔𝚊𝚗 𝚖𝚎𝚗𝚐𝚐𝚞𝚗𝚊𝚔𝚊𝚗 𝚊𝚙𝚕𝚒𝚔𝚊𝚜𝚒 𝚔𝚒𝚗𝚎𝚖𝚊𝚜𝚝𝚎𝚛.

Caranya adalah buka aplikasi kinemaster terlebih dahulu, kemudian pilih tanda + (create) dan pilih rasio. Biasanya untuk video yang akan diupload ke youtube ambil rasio yang dipakai 16:9. Namun, jika video yang dibuat untuk story Instagram atau status Whatsapp pilih 9:16. Nah, rasio 1:1 itu lebih cocok untuk feed instagram. Jadi sebelum membuat video, tentukan dulu mau di-upload dimana karyanya.

Kalau sudah menentukan rasio, kemudian upload video yang akan diubah. Misalnya ada bagian dari video yang akan dihilangkan, maka silakan memilih menu cut (gambar gunting). Kemudian bisa diatur bagian mana yang akan dipotong, sebelah kiri, sebelah kanan, atau bagian tengah.

Sumber: Dokumen Pribadi

Selain memotong video yang tidak diinginkan, kami juga diajarkan untuk mengatur transisi antar video agar terlihat luwes dan tidak kaku. Nah, ini tujuan kemarin kami diminta menyiapkan dua video yang berbeda agar bisa digabungkan. Oh iya, untuk menggabungkan dua video caranya menambahkannya melalui “media” ya bukan dari “lapisan”. Akan terlihat ada jeda dari video kesatu dan video kedua atau berikutnya. Nah, di setiap jeda itu kita bisa atur transisinya, tinggal klik tanda + dan pilih efek transisi yang disukai. Jangan lupa untuk mengklik tanda ✔ di sudut kanan.

𝙼𝚊𝚝𝚎𝚛𝚒 𝚜𝚎𝚕𝚊𝚗𝚓𝚞𝚝𝚗𝚢𝚊 𝚊𝚍𝚊𝚕𝚊𝚑 𝚖𝚎𝚗𝚊𝚖𝚋𝚊𝚑𝚔𝚊𝚗 𝚋𝚊𝚌𝚔𝚜𝚘𝚞𝚗𝚍 𝚙𝚊𝚍𝚊 𝚟𝚒𝚍𝚎𝚘, 𝚖𝚎𝚖𝚙𝚎𝚛𝚋𝚎𝚜𝚊𝚛 𝚍𝚊𝚗 𝚖𝚎𝚗𝚐𝚎𝚌𝚒𝚕𝚔𝚊𝚗 𝚋𝚊𝚌𝚔𝚜𝚘𝚞𝚗𝚍, 𝚜𝚎𝚛𝚝𝚊 𝚖𝚎𝚖𝚙𝚎𝚛𝚌𝚎𝚙𝚊𝚝 𝚍𝚊𝚗 𝚖𝚎𝚖𝚙𝚎𝚛𝚕𝚊𝚖𝚋𝚊𝚝 𝚟𝚒𝚍𝚎𝚘.

Cukup mudah, kita tinggal memasukkan audio baik yang sudah tersedia di kinemaster atau yang sudah kita siapkan sendiri. Hanya kalau kita mengambil selain dari kinemaster hati-hati saja, pilih yang aman dan bebas dari copywright ya Beibs … Tutorialnya bisa dilihat di sini aja.

Saat akan memperlambat atau mempercepat video, jika ada tulisan 1x atau 4x, maksudnya adalah saat kita klik yang 1x itu berarti kecepatannya normal. Tapi kalau kita klik yang 4x berarti kecepatan video yang kita edit kecepatannya dipercepat 4x dari video aslinya. Dan jika kita klik yang audio dibisukan, berarti kita menghilangkan suara dari video aslinya.

Oh iya, untuk menambahkan audio di kinemaster, kita bisa klik tulisan assets musik. Kemudian pilih ikon yang gambarnya toko. Nah,kita bisa pilih dan tambahkan video di sini. Hmm, dapat tips nih, kalau mau ambil video usahakan landscape ya agar hasilnya lebih bagus.

Agar edit videonya lebih variatif, bisa juga kolaborasi dengan hasil yang kita download dari youtube. Tapi sekali lagi saya ingatkan, silakan cari video yang free alias no coppywright. Saya lengkapi deng dengan tutorialnya, silakan disimak saja di SINI.

Material selanjutnya adalah pendalaman tentang membedakan MEDIA dan LAPISAN. Cek saja tutorialnya biar lebih jelas.

PR lagi nih, hahaha. Untuk praktek berikutnya kami diminta membuat video sendiri-sendiri dengan syarat durasi hanya 20-40 detik, kemudian harus memakai background warna hijau. Backgroundnya bisa dinding warna hijau atau kain warna hijau.

Nah, ada rahasia apa dengan warna hijau? Simak di tulisan berikutnya ya. Hari ini saya mau shoping-shoping dulu ke pasar keburu siang. 😉

_𝓦𝓲𝓷𝓪 𝓔𝓵𝓯𝓪𝔂𝔂𝓪𝓭𝓱_

#Nubar
#NulisBareng
#Level1
#BerkreasiLewatAksara
#menulismengabadikankebaikan
#week4day1
#RNB016JABAR
#rumahmediagrup