JEJAK PANDEMI (PART 4)

JEJAK PANDEMI (PART 4)

๐“ข๐“ฎ๐“ซ๐“พ๐“ช๐“ฑ ๐“’๐“ช๐“ฝ๐“ช๐“ฝ๐“ช๐“ท ๐“Ÿ๐“ฎ๐“ป๐“ณ๐“ช๐“ต๐“ช๐“ท๐“ช๐“ท


Salah satu hikmah yang saya syukuri dengan adanya pandemic ini adalah bisa meng-upgrade diri. Banyak sekali kursus, seminar, pelatihan, workshop yang diselenggarakan secara online. Tinggal kita mau pilih yang mana sesuai selera. Beberapa memang berbayar, namun yang gratis juga bak jamur di musim hujan.


Oke, kali ini saya mau sharing catatan perjalanan dalam mengumpulkan ilmu-ilmu yang terserak. Dan saya semakin menyadari, semakin kita belajar, semakin terasa kalau ilmu yang kita miliki belum ada apa-apanya. Tentunya semakin yakin bahwa ilmu Allah sangat luas.

Hal itu juga yang membuat saya terus bersemangat megikuti beberapa kelas. apa lagi jika terkait dengan ilmu-ilmu baru yang belum pernah saya pelajari sebelumya. Bahkan rela jika harus membayar kursus tersebut selama masih terjangkau biayanya.

Saya mulai dari catatan pelatihan mengedit video ya.

Awalnya saya mengikuti kelas basic yang free alias gretongan. Biasalah, masih coba-coba dan emak-emak tak lepas dari perhitungan. Penyelenggara pelatihan ini adalah Omah Guru Inovaif yang dikomandoi oleh Bapak Murdiono, S.Pd.

Alhamdulillah, beliau didampingi oleh Mbak Najwa Alya Maliha, gadis milenial yang manis dan kreatif serta sudah bisa meng-coaching kami para emak-emak jelita (jelang lima puluh tahun maksudnya hahaha). Saya berada di kelas editing video angkatan 4 yang diselenggarakan hanya 1 pekan, mulai tanggal 9-16 September.

Antusias peserta luar biasa, mereka berasal dari Lampung, Bengkalis Riau, Bukittinggi Sumbar, Klaten, Mojokerto, Yogyakarta, Jakarta, Luwu Timur, Dumai, Padangpanjang, Wajo, Surabaya, Medan, Sorong, Balikpapan, Depok, Sumenep, Bogor, Magelang, Agam, Pekan baru, Tulungagung, Ternate, Banyuwangi, Sinjai, Makassar, dan sejumlah daerah lain di Indonesia.


Cara penyampaian materinya hanya di grup whatsapp dan youtube. Opening kelas dilakukan di youtube juga. Bisa dilhat di SINI ya. Semua peserta wajib ikut opening, like, coment “Nama_Asal Kota”, dan subscribe di akhir video jika ingin mendapatkan sertifikat pelatihan.

Penjelasan materi singkat melalui video tutorial yang sangat aplikatif. Kemudian dipandu dengan penuh kesabaran dan guyonan agar belajar tidak menjenuhkan. Aplikasi yang dipelajari sebenarnya sudah pasaran dan mungkin teman-teman sudah tidak asing lagi dengan kinemaster. Tapi bagi saya ini adalah hal yang baru karena memang sebelumnya jarang ada waku unuk ngotak ngatik hp.

Sebelum mulai ke kinemaser, kami diajari aplikasi perkenalan yaitu menghilangkan background tanpa aplikasi. Caranya mudah, tinggal klik saja INI. Kemudian upload foto yang akan dihilangkan background nya, dan taraa …, dalam waktu sekejap background foto bisa hilang tanpa jejak dan sangat rapi. Selain itu bisa edit background juga lho!

Contohnya kayak gambar di bawah ini:

Sumber: dokumen pribadi

Kemudian lanju materi pertama terkait edit video bisa dilihat juga dalam link BERIKUT. Setelah penjelasan singkat materi, kemudian seluruh peserta diminta mengumpulkan tugas yang dikirim melaui link google form.

Materi selanjutnya akan disampaikan oleh Mbak Najwa tentang pengenalan fitur-yang ada di Aplikasi KINEMASTER. Tugas saya hanya menyimak dan mulai mengenali fitur-fitur yang ada di aplikasi ini.

Materi hari kedua dibahas dalam tulisan berikutnya ya! Untuk yang mau belajar bersama, stay tune aja!

_๐“ฆ๐“ฒ๐“ท๐“ช ๐“”๐“ต๐“ฏ๐“ช๐”‚๐”‚๐“ช๐“ญ๐“ฑ_

#Nubar
#NulisBareng
#Level1
#BerkreasiLewatAksara
#menulismengabadikankebaikan
#week2day2
#RNB016JABAR
#rumahmediagrup